ANALISIS PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (Studi pada Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung)

Agustuti Handayani

Abstract


Penelitian ini menganalisis tentang partisipasi masyarakat dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung. Inti daripada rumusan masalah dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana partisipasi masyarakat dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Kecamatan tersebut.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan sebuah pendekatan studi kasus. Studi kasus merupakan penelitian mengenai manusia (dapat suatu kelompok, organisasi, maupun individu) serta peristiwa/fenomena yang terjadi di lingkungan masyarakat. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara dengan beberapa informan yang berpartisipasi dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dimulai sejak Oktober 2016 s/d Januari 2017.

Hasil analisis yang didapat melalui penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan kurang baik, yang dapat dilihat dari aspek kesempatan,kemampuan dan kemauan untuk berpartisipaisi dinilai kurang baik karena masih ditemukan beberapa masalah yaitu seperti sosialisasi yang tidak menyeluruh,beban pajak yang naik setiap tahun,ketiadaan waktu dan kemampuan ekonomi yang kurang.

Keywords


Partisipasi, Masyarakat, Pajak Bumi dan Bangunan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.