Pengaruh Inovasi terhadap Akuntansi Manajemen Lingkungan Pada Perusahaan Manufaktur di Bandar Lampung

Rosmiati ROSMIATI, Herry Goenawan Soedarsa

Abstract


Perkembangan teknologi dan perdagangan bebas yang membuat perusahaan harus tetap bertahan dalam persaingan. Namun, terkadang inovasi yang dilakukan oleh perusahaan sering menghasilkan dampak yang menyebabkan timbulnya resiko lingkungan. Untuk meminimalisirkan dampak negatif yang terjadi pada lingkungan, perusahaan mengambil keputusan untuk menggunakan akuntansi manajemen lingkungan (EMA) agar mencapai tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi berpengaruh terhadap akuntansi manajemen lingkungan pada perusahaan manufaktur di Bandar Lampung.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksploratif dengan desain penelitian kausalitas. Serta populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur di Bandar Lampung dan menggunakan teknik pengambilan sampel metode purposive sampling dengan kriteria adalah 1). Perusahaan industri yang berdomisili di Bandar Lampung, 2). Perusahaan industri makanan dan minuman yang berbentuk Perseroan Terbatas. Peneliti menggunakan data primer dalam penelitian ini dan teknik pengembalian data berupa kuesioner. Terdapat dua variable yaitu variable independen (X) adalah inovasi dan variable dependen (Y) adalah akuntansi manajemen lingkungan. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi sederhana, uji determinasi (R2) dan uji t dengan menggunakan bantuan program
SPSS for windows 18.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel inovasi berpengaruh terhadap akuntansi manajemen lingkungan pada perusahaan manufaktur di Bandar Lampung.


Keywords


Inovasi; Akuntansi Manajemen Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Angraini. 2006. ”Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar Bursa Efek Jakarta)”.

Crawford, C. Merle & Di Benedetto, C. Anthony. 2011. New Products Management. New York, NY: McGraw-Hill.

Daljono. 2004. Akuntansi Biaya: penentuan Harga Pokok dan Pengendalian. Edisi 2. Semarang: Balai Penerbit Universitas Diponegoro.

Dewi, Dian Novita. 2010. “Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Inovasi Produk Perusahaan Roti Di Kota Semarang”, Semarang: Jurnal Ilmiah Universitas Diponegoro Semarang.

Druckers, Peter F. 2008. Innovation and Entrepreneurship. New York, NY: Harper dan Row.

Ferreira, A. Moulang, C, and Hendro, B. 2009. “Environmental management accounting and innovation: an exploratory analysis” Accounting, Auditing & Accountability Journal Vol. 23 No. 7, 2010 pp. 920-948q Emerald Group.

Ferrari, A. and Parker, B. (2006), “Digging for innovation”, Supply Chain Management Review, pp. 48-53.

Firdiyanto, Deni. 2012. “Penelitian Eksploratif”. http://chaneldfn.wordpress.com diakses tanggal 19 Oktober 2013.

Ghozali, Imam, 2006. Aplikasi Analisis multivariate dengan Program SPSS. Semarang.

Hansen, Don R. dan Mowen, Maryanne M. 2006. Akuntansi Manajemen. Jakarta: Salemba 4.

Hasyim. 2011. “Akuntansi Lingkungan: Apakah Sebuah Pilihan Atau Kewajiban?” Makasar: Jurnal Ilmiah Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Hurley, R. & Hult, G.T. 1998. “Innovation, Market Orientation and Organizational Learning: An Integration and Empirical Exmination”. Journal of Marketing, 62(3): 42-54.

Ikhsan, A. 2009. Akuntansi Manajemen Lingkungan. Edisi pertama. Yogyakarta: Graha ilmu.

Klomp, L. and Van Leeuwen, G. (2001), “Linking innovation and firmperformance: a new approach”, International Journal of the Economics of Business, Vol. 8 No. 3, pp. 343-64.

Nunnally, J. 1967. Psychometric Theory. New York, NY: McGraw-Hill.

Purwanto, Tri. 2007, “Artikel Perangkat Manajemen Lingkungan”. www.andietri.tripod.com.

Qian, W., Burrit, R., and Monroe, G., “Environmental Management Accounting in Local Government a Case of Waste Management”, Accounting, Auditing & Accountability Journal Vol. 24 No. 1, 2011 pp. 93-128.

Rademakers, Martin (2005), “Corporate universities: driving force of knowledge innovation”, Journal of Workplace Learning; 2005; 17, 1/2; ABI/INFORM Global, pg. 130.

Rustika, Novia. 2011. “Analisis Pengaruh Penerapan Akuntansi Manajemen Lingkungan Dan Strategi Terhadap Inovasi Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdapat Di Jawa Tengah)”, Semarang: Jurnal Ilmiah Jurusan Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang.

Sanusi, Anwar. 2013. Metodelogi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Schumpeter, Joseph Alois. 1949. The Theory of Economic Development. Harvard University.

Wahyuni, Made Dwi. 2013. “Peranan Environment Management Accounting Untuk Mendukung Keputusan Manajemen Lingkungan Dalam Meningkatakatkan Substanbility Perusahaan,” Bali: Jurnal Ilmiah Universitas Pendidikan Ganesha.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.