PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. BINTANG KHARISMA JAYA MOTOR BANDAR LAMPUNG

Nuria Erisna

Abstract


Produktivitas Kerja adalah hubungan anatara hasil nyata maupun fisik dengan masukan yang sebenarnya. Disiplin kerja dan Motivasi kerja karyawan erat pula kaitannya dengan produktivitas. Jika karyawan tidak diberikan motivasi, dan disiplin yang baik maka produktivitas dapat menurun. Pada tingkat perusahaan pengukuran produktivitas terutama digunakan sebagai sarana manajemen untuk menganalisa dan mendorong keefektifan kerja, karena produktivitas merupakan perbandingan hasil yang dicapai dengan keseluruhan sumber daya sebagai masukan yang digunakan per satuan waktu, dan disebutkan bahwa unjuk kerja faktor-faktor peningkatan produktivitas kerja berkaitan erat dengan memotivasi kerja karyawan oleh perusahaan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Produktivitas Kerja karyawan pada PT. Bintang Kharisma Jaya Motor di Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Bintang Kharisma Jaya Motor Bandar lampung yang berjumlah 44 0rang responden. Dalam melakukan penelitian ini digunakan metode penelitian (1).jenis penelitian yaitu :penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. (2).teknik pengumpulan data, yaitu observasi,  dokumentasi, kuisioner, wawancara. (3).alat analisis kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan program SPSS 18 for Windows.

Berdasarkan analisis kuantitatif dengan menggunakan pendekatan statistic yaitu untuk regresi linier berganda diperoleh fungsi persamaan yaitu Y = -2,835 + 0,413 X1 + 0,513X2 + e. Ini menunjukan bahwa variabel X1 dan X2. Berpengaruh terhadap Produktivitas Kerja (Y). Nilai R-Square (R2) 0,644 dan koefisien determinasi sebesar R²x,y = 0,644 atau 65,00%. Besarnya koefisien determinasi, memberikan arti bahwa besarnya perubahan pada variabel produktivitas kerja 65,00% dijelaskan oleh disiplin kerja dan motivasi kerja sedangkan sisanya 35,00%, dipengaruhi oleh disiplin kerja (X1) dan Motivasi kerja (X2). Pada uji  t  disiplin kerja i berpengaruh terhadap produktivitas kerja, karena nilai thitung 3,311> ttabel 1,680 atau dengan kata lain thitung > ttabel,. Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja, karena nilai thitung (3,311) lebih > besar dari ttabel (1,680) atau dengan kata lain thitung>ttabel,. Pada ujiF ,diperoleh perhitungan dimana Fhitung >Ftabel 734,323 > Ftabel: 3.23 . hal ini menunjukan bahwa secara keseluruhan disiplin kerja dan motivasi kerja mempunyai pengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Bintang Kharisma Jaya Motor di Bandar Lampung. Ini menunjukan secara bersaman-sama seluruh variabel X1 dan X2 berpengaruh terhadap variabel produktivitas kerja (Y).

Jadi sesuai dengan hasil analisis kuantitatif diatas maka diambil kesimpulan bahwa seluruh variabel X1 (Disiplin Kerja) dan X2 (Motivasi kerja) berpengaruh terhadap Y (Produktivitas kerja). Maka hipotesis yang menyatakan Produktivitas Kerja karyawan pada PT. Bintang Kharisma Jaya Motor di Bandar Lampung, dipengaruhi oleh Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja ,dapat diterima.


Keywords


Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Produktivitas Kerja

Full Text:

PDF

References


A.A Prabu Mangkunegara 2007 Manajemen Sumber Daya Manusia Prusahaan, Rasda karya, Bandung

Arikunto, Suharsini. 2002. Prosedur Penelitian , Suatu pendekatan praktek, Rineka cipta, Jakarta

David Mc Celland, Diana Angelia. 2006. Manajamen Sumber Daya Manusia Bumi Aksara, Jakarta

Ghozali Imam. 2009 Aplikasi Analisa Multivariate, Dengan Program SPSS Universitas Diponogoro

Gomes Faustino 2005 , Manajemen Sumber Daya Manusia, Andi, Yokyakarta Handoko T ,Hani 2004. Manajemen Personalia & Sumber Daya Manusia, Grasindo , Jakarta.

Malayu, Hasibuan. 2008. Organisasi dan Motivasi & Dasar-Dasar. Peningkatan Produktifitas, Bumiaksara, Jakarta

Mulyana, E . 2003 . Manajemen Berbasis Kompetensi dan Aplikasi, Rasda karya Bandung

Umar Husien, 2005 Riset Sumber Daya Manusia dalam Organisasi, Gramedia

,Jakarta

Panuju Redi, 1995, Komunikasi Bisnis, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta

Ridwan, 2007, Skala Pengukuran variable – variable Penelitian, Alfa Beta ,Bandung

Sedarmayanti, 2005, Sumberdaya Manusia Produktivitas Kerja, Mandar Maju, Bandung

Siagian, SP . 2002, Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja, Rineka Cipta, Jakarta

Sugiono 2006 , Metode Penelitian Bisnis, Alfa Beta, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.