PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RESTORAN SAUNG CITRA BANDAR LAMPUNG

Endang Siswati Prihastuti

Abstract


Tingkat persaingan yang cukup ketat dan tinggi di dunia usaha Restoran dan meningkatnya pemahaman konsumen tentang pelayanan, mendorong pelaku usaha dibidang restoran semakin meningkatkan kualitas pelayanan terhadap konsumen.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana  pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Restoran Saung Citra Bandar Lampung.     Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu : Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada Restoran Saung Citra Bandar Lampung”.

 

Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Dari hasil analisis diperoleh hasil bahwa Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap  Kepuasan konsumen. Nilai Koefisien Determinasi diperoleh nilai Adjusted Rsebesar 0,502 yang menunjukkan: Peningkatan  Pelayanan mempengaruhi Kepuasan Konsumen pada Restoran Saung Citra Bandar Lampung sebesar 50,2%, sedangkan sisanya sebesar  49,8% dipengaruhi faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.


Keywords


kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan.1996. Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta:PT RajaGrafindo Persada.

Ghozali, Imam. 2011.Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Edisi 5. Cetakan V. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

-----------------. 2009. Aplikasi Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus Kasus Pilihan. Yogyakarta:CAPS.

Hadi, Sutrisno. 1989. Statistik Jilid I. Yogyakarta:Andi Offset.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta:PT Indeks.

Kotler , Philip & Gary, Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran.Jilid I . Edisi Keduabelas. Jakarta:Erlangga.

Kotler, Philip 1997. Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol). Edisi Bahasa Indonesia. Edisi Revisi Jilid I. Jakarta:Prenhallindo.

Nazir, Moh . 2014. Metode Penelitian. Cetakan Kesepuluh. Bogor:Ghalia Indonesia.

Rangkuti, Freddy. 2015. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Cetakan Keduapuluh. Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama.

Sopiah & Syihabudhin. 2008. Manajemen Bisnis Retail. Edisi I. Yogyakarta: Andi Offset.

Swastha, Basu & Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kedua. Cetakan Ketigabelas. Yogyakarta:Liberty Offset.

Siregar, Syofian. 2014. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Edisi I. Cetakan Kedua. Jakarta:Bumi Aksara.

Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Cetakan ke Empat Jakarta:Rineka Cipta.

Suarthana. 2006. Manajemen Perhotelan. Edisi Kantor Depan. Kuta Utara:Mapindo.

Sihite, Richard. 2000. Hotel Management : Pengelolaan Hotel. Surabaya:SIC.

Saladin, Djaslim. 1996. Unsur-Unsur Inti Pemasaran dan Manajemen Pemasaran. Bandung:Mandar Maju.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Cetakan Ke-4. Bandung: Alfabeta.

Suchaeri, Heri. 2012. Total Customer : Percepatan Laba Sepanjang Masa. Cetakan Pertama. Solo:Metagraf.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan dan Penelitian.Edisi I. Yogyakarta:Andi Offset.

--------------------.2008.Strategi Bisnis. Edisi III. Yogyakarta:Andi Offset.

--------------------. 2002. Manajemen Jasa. Yogyakarta:Andi Offset.

--------------------. 1997. Strategi Pemasaran. Edisi II. Yogyakarta:Andi Offset.

Tjiptono, Fandy & Chandra, Gregorius. 2012. Pemasaran Strategik. Edisi 2. Yogyakarta:Andi Offset.

--------------------. 2011. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy & Diana, Anastasia. 2003 : 102. Total Quality Management. Edisi Revisi. Edisi V. Yogyakarta:Andi Offset.

Zimmerer, Thomas W., at.all.2008. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Edisi 5. Buku I. Jakarta:Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.