Pengaruh Ukuran Partikel Terhadap Sifat Mekanik Komposit Dengan Matrik Resin Epoxy

Najamudin NAJAMUDIN

Abstract


Abstrak :

Sifat mekanik material komposit partikel   dipengaruhi oleh ukuran partikel.  variasi ukuran partikel akan membentuk sifat mekanik yang berbeda. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variasi ukuran partikel  terhadap sifat mekanik komposit partikel. Pada penelitian ini variasi ukuran partikel marmer yang digunakan adalah  60 mesh, 100 mesh, dan 140 mesh. Resin yang digunakan adalah  resin epoxy, dan perbandingan komposisi volume antara  matrix dan partikel yang digunakan pada penelitian adalah  80% : 20% . Metode yang digunakan dalam pembuatan komposit adalah  metode hand lay-Up. Pengujian yang dilakukan  dalam penelitian ini adalah pengujian  kekuatan bendingdan SEM.Hasil dari pengujian  kekuatan lentur komposit partikel marmer adalah 13,89-38,89 N/mm2. Ukuran partikel yang baik untuk pengisi pada komposit adalah partikel 140 mesh. Komposit partikel marmer yang ukuran partikelnya 140 mesh memiliki kekuatan lentur paling tinggi, karena dari foto SEM komposit 140 mesh distribusi partikel dalam matrix merata, dan terjadi ikatan yang baik antara matrix dan partikel marmer.


Keywords


Ukuran partikel marmer ; epoksi ;Sifat mekanik

Full Text:

PDF

References


Ana Armalia K. 2008. Analisis Kristal dan Morfologi Permukaan Komposit

Partikel Marmer Kalsit. IPB.

Antonia, Y.T.2004. komposit laminat bambu serat woven sebagai bahan

alternatif fiberglass pada kulit. ITS : Surabaya.

Bodja Suwanto, 2012. Pengaruh Temperatur Post-Curing Terhadap KekuatanTarik Komposit Epoksi Resin Yang Dperkuat Woven Serat Pisang. Politeknik Negeri Semarang.

Budiarto dkk. 2004. Optimasi Ukuran Partikel dan Komposisi DalamPembuatan Tegel Komposit Partikulat Granit, Puslibang Iptek Bahan (P3IB)–BATAN.

Ferriyal. 2005.Pemanfaatan Bubuk Marmer Hasil Olahan Industri Batu Marmer Untuk Bahan Campuran Pembuatan Paving Block Sebagai Upaya Minimisasi Limbah. UNDIP, Semarang.

Ludi Hartanto 2009. Study Perlakuan Alkali dan Fraksi Volume Serat Terhadap Kekuatan Bending , Tarik, dan Impak Komposit Berpenguat Serat Rami Bermatrik Poliyester BQTN 157, Universitas Muhamadyah Surakarta.

Pramono, Agus. 2012. Komposit Sebagai Trend Teknologi Masa Depan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Pritria Rina, 2008. Uji Sifat Mekanik dan Listrik Komposit Partikel Marmer Kalsit, IPB.

Sulistia Rudi, 2006. Pengaruh Fraksi Volume Komposit Poliester YangDiperkuat Serbuk Sekam Padi (Rice Husk Flour) Terhadap Sifat Mekaniknya, Universitas Brawijaya.

Surdia, Tata. 1999. Pengetahuan bahan teknik. Pradnya paramita: jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.