ANALISIS PENGARUH JEMBATAN PENYEBERANGAN TEHADAP KINERJA RUAS JALAN TEUKU UMAR BANDAR LAMPUNG

Yulfriwini YULFRIWINI

Abstract


Jembatan penyeberangan mempunyai efektifitas yang tinggi untuk menghindarkan penyeberang jalan dari konflik dengan kendaraan, sehingga mampu memberikan rasa aman kepada pejalan kaki serta dapat memperlancar arus lalulintas. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh jembatan penyeberangan dalam meningkatkan kinerja ruas jalan, maka perlu diadakan penelitian berbentuk studi dilokasi jembatan penyeberangan.

 

Penelitian dilakukan selama dua hari yaitu senin dan sabtu dengan  interval waktu pagi, siang dan sore hari. Data-data yang diambil adalah data volume lalulintas, data kecepatan sesaat, dan data pejalan kaki. Kemudian data-data tersebut dianalisa sehingga dapat diketahui besarnya nilai DS untuk jalan Teuku Umar, serta besarnya pejalan kaki yang tidak menggunakan jembatan penyeberangan beserta penurunan kecepatan sesaat akibat pejalan kaki yang tidak menggunakan jembatan penyeberangan tersebut.

 

Berdasarkan hasil analisa, ternyata pada ruas jalanTeuku Umar kondisi kepadatan lalu lintas tertinggi (DS) berada pada kondisi lalu lintas normal (< 0.8) yaitu sebesar 0.790. Dari data yang diperoleh, juga dapat diketahui bahwa dengan jumlah pengguna jembatan penyeberangan rata-rata sebesar 51 % ternyata dapat meningkatkan kecepatan sesaat sebesar 12 km/ jam. Sedangkan dengan jumlah penyeberang liar rata-rata sebesar 49 %, serta hambatan-hambatan lainnya seperti bertambahnya volume lalulintas akibat dari kendaraan  yang  berasal dari jalan Dipo, jalan Mangga dan Jalan Hanoman, menyebabkan penurunan kecepatan rata-rata sesaat sebesar 17 km/jam.


Keywords


Jembatan Penyeberangan, Kinerja Ruas Jalan Teuku Umar

Full Text:

PDF

References


Sukirman, S. 1994. Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Nova Bandung.

Hobbs, FD. 1995. Perencanaan dan Teknik Lalulintas. Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Malkamah, S. 1995. Manajeman Lalulintas Kota Secara Terpadu Untuk Pelestarian Lingkungan dan Keselamatan Lalulintas. Biro Penerbit. Yogyakarta

Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Departemen Pekerjaan Umum

Http : // fariable. Blogspot.com/2010/10/jembatan-penyeberangan-orang.html

Yuri, Harliana. 2012. Evaluasi Kinerja Ruas Jalan Perkotaan di Bandar Lampung. Lampung University Press. Bandar Lampung

Http: //id, Wikpedia. Org/ Wiki/ Jembatan_ Penyeberangan_ Orang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.