ANALISIS KINERJA KEUANGAN PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) Tbk DI INDONESIA

Habiburrahman HABIBURRAHMAN, Ali Sodiko Pardede

Abstract


Untuk menilai kinerja keuangan dari suatu bank dapat dinilai dari beberapa indikator salah satunya adalah laporan keuangan Bank. Laporan keuangan adalah salah satu media informasi yang dapat memberikan gambaran mengenai kesehatan suatu Bank.
Adapun informasi keuangan yang diperoleh peneliti pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. selama periode 2011 – 2015 melalui website www.bri.co.id/repport adalah: pertumbuhan rasio kredit bermasalah (NPL Gross) mengalami fluktuasi, pertumbuhan Net Interest Margin (NIM) mengalami fluktuasi dan pertumbuhan Rasio Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) mengalami fluktuasi. permasalahan bagaimana kinerja keuangan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dilihat dari rasio likuiditas, rasio solvabilitas, dan rasio rentabililitas?
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk pada tahun 2011-2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, dengan alat analisis yaitu rasio likuiditas (Cash Ratio dan Loan to Deposite Ratio), rasio solvabilitas (Capital Adequacy Ratio), dan rasio rentabilitas (Return on Asset dan Return on Equity).
Hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja keuangan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk tahun 2011 - 2015 dilihat dari rasio keuangan yakni rasio likuiditas, dengan menggunakan Cash Ratio mempunyai nilai rata – rata sebesar 77% dengan kriteria sangat sehat, dengan menggunakan Loan to Deposite Ratio (LDR) mempunyai nilai rata – rata sebesar 80,5% dengan kriteria sehat, lalu rasio solvabilitas dengan menggunakan Capital Adequacy Ratio (CAR) mempunyai nilai rata – rata sebesar 16,42% dengan kategori sangat sehat, dan rasio rentabilitas dengan menggunakan rasio Return on Asset (ROA) mempunyai nilai rata – rata sebesar 3,14% dengan kategori sangat sehat, dan rasio Return on Equity (ROE) mempunyai nilai rata – rata sebesar 26,31% dengan kategori sangat sehat.


Keywords


BRI; Kinerja Keuangan; Likuiditas; Solvabilitas; Rentabilitas

Full Text:

PDF

References


Fahmi, Irham. 2013, Analisis Laporan Keuangan. Cetakan ketiga. Bandung: Alfabeta.

Horne, James C. Van dan John M Wachowicz, Jr. 2012. Prinsip – Prinsip Manajemen Keuangan (Edisi 13). Jakarta : Rajawali Pers.

Husnan, Suad. 2003. Dasar – dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas Edisi Ketiga, Yogyakarta: UPP-AMP-YKPN

Kasmir, 2015. Manajemen Perbankan. Cetakan ke-13. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Susilo, Sri Y, dkk, 2000. Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Salemba Empat.

http://www.bi.go.id(diakses 26 Oktober 2016)

http://www.bri.co.id/repport (diakses 26 Oktober 2016)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.