PERILAKU KOMUNIKASI ANAK YANG DIBESARKAN OLEH ORANG TUA TUNGGAL (Studi Kasus di Desa Jembrana, Kecamatan Waway Karya, Kabupaten Lampung Timur)

Wawan - Hernawan

Abstract


Penelitian ini memfokuskan pada perilaku komunikasi anak khususnya remaja yang di besarkan oleh orang tua tunggal (Ibu) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih mendalam tentang perilaku  komunikasi  anak  yang  di  besarkan  oleh  orang  tua tunggal.

Secara praktis, penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan mengenai prilaku komunikasi anak yang di besarkan oleh orang tua tunggal  dan bagaimana masyarakat menyikapi tentang prilaku anak yang di besarkan oleh orang tua  tunggal  di  Desa  Jembrana,  Kecamatan  Waway  Karya,  Kabupaten  Lampung Timur. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pengetahuan baru bagi pembacanya.

Beberapa teori relavan yang menjadi landasan dalam penelitian ini yakni: 1) Teori Behavior sosiologi, 2) Teori Penilaian Sosial, 3) Teori Interaksi Simbolik, dan 4) Teori Komunikasi Interpersonal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mendekatkan kepada aspek deskriptif kulaitatif, dengan alasan dikarenakan peneliti berusaha memperoleh suatu gambaran yang nyata mengenai fenomena-fenomena yang terjadi di kehidupan masyarakat.


Keywords


Perilaku Komunikasi

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bungin, M Burhan. 2012. Penelitian Kualitatif; Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Christiani, Lintang Citra. 2010. Komunikasi Pengasuhan Antara Orang tua Tunggal dengan Anak dalam Kultur Kolektivistik. Semarang: Universitas Diponegoro.

Devito, Josep A., 1999. Komunikasi Antarmanusia. Penerjemah: Agus Maulana. Jakarta: Professional Books.

Littlejohn, Stephen W & Foss, Karen A. 2009. Teori Komunikasi; Theories of Human Communication Edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.

Miles, Matthew B dan Huberman, A Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta. Universitas Indonesia Press.

Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif; Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moorissan. 3013. Teori Komunikasi Individu hinga Massa. Jakarta: Kencana

Mulyana, Deddy. 2008. Human Communication. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyana, Deddy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif; Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ritzer, George. 2014. Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ruslan, Rosady. 2008. Metode Penelitian; Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Soerjono, Soekanto. 2009. Sosiologi Keluarga. Jakarta:Rineka Cipta

West, Richard & Turner, Lynn H. 2012. Pengantar Teori Komunikasi Analisis Dan Aplikasi; Introducing Communication Theory: Analysis and Application; Buku 1 Edisi 3. Jakarta: Salemba Humanika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.