ANALISA KINERJA KEUANGAN DAN DETEKSI KEBANGKRUTAN DENGAN MODEL ALTMAN Z-SCORE PADA PT. JAPFA COMFEED INDONESIA TBK BESERTA ANAK PERUSAHAAN

Defrizal DEFRIZAL

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan dan deteksi kelangsungan hidup PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk beserta Anak Perusahaan dengan model Altman Z-Score. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik analisis data yang menggunakan metode rasio keuangan untuk mengetahui kinerja dan posisi keuangan PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk, dan metode kebangkrutan Model Altman Z-Score untuk mengetahui kelangsungan hidup PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk.
Dari hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa kinerja dan posisi keuangan PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk pada tahun 2010 sampai dengan 2014 dapat dikatakan cukup baik. Dimana dilihat dari rasio likuiditas dan rasio manajemen utangnya, perusahaan mampu dalam hal pelunasan kewajibannya, untuk rasio manajemen aktiva, perusahaan tidak cukup mampu memanfaatkan sumber daya yang dimiliki secara efektif dan efisien, untuk rasio profitabilitasnya, perusahaan mengalami penurunan. Untuk analisa indikator kebangkrutan, hasil yang diperoleh pada tahun 2010 perusahaan masuk ke dalam wilayah baik atau tidak bangkrut dan pada tahun 2011 sampai dengan tahun 2014, perusahaan masuk ke dalam wilayah abu-abu. Dengan demikian, perusahaan diharapkan dapat berbenah diri dengan mengetahui kelemahan-kelemahan yang ada, dan dapat segera melakukan perbaikan agar memperoleh hasil yang lebih baik di tahun mendatang.


Keywords


Kinerja Keuangan; Ratio Keuangan; Model Altman Z-Score

Full Text:

PDF

References


Altman, Edward I. 1968. Financial Ratios, Discriminant Analysis and ThePrediction of Corporate Bankcrupty. The Journal of Finance, 23(4), pp. 589-609.

Eugene F. Brigham dan Joel F. Houston. (2006). Manajemen Keuangan. Jakarta: Erlangga.

Hanafi, Mamduh M dan Abdul Halim. (2005). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Revisi. Yogyakarta: AMP YKPN.

Ikatan Akuntansi Indonesia. (2009). Standar Akuntansi Keuangan, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Kasmir. 2008. Analisis Laporan Keuangan. PT. Grafindo Persada, Jakarta.

Lesmana, Rico., Rudy Surjanto,. (2003). Financial Performance Analyzing. PT Gramedia, Jakarta.

Munawir, Slamet. (2002). Analisa Laporan Keuangan. Liberty, Yogyakarta.

Palepu, K. G., V. Bernard, dan P. Healy. (2000). Business Analysis and Valuation: Using Financial Statement. South-Western.

Peter dan Yoseph, 2011. Analisis Kebangkrutan Dengan Metode Z-Score Altman, Springate Dan Zmijewski Pada PT. Indofood Sukse Makmur TBK Periode 2005 – 2009. Akurat Jurnal Ilmiah Akuntansi Nomor 04. Bandung

Prastowo, Dwi dan Juliaty, Rifka. (2005). Analisis Laporan Keuangan Konsep dan Aplikasi. Edisi Kedua. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Riyanto, Bambang. (2001). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. BPFE, Yogyakarta.

Sawir, Agnes. (2005). Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Soemarso. (2002). Akuntansi: Suatu Pengantar. Salemba Empat, Jakarta.

Sugiyarso, G., dan F. Winarni. (2006). Dasar-dasar Akuntansi Perkantoran. Media Pressindo, Yogyakarta.

Supangkat, Harry. (2005). Buku Panduan Direktur Keuangan. Salemba Empat, Jakarta.

Undang-Undang Kepailitan No. 4 tahun 1998

Yani, Ahmad dan Gunawan Widjaja. 2004. Seri Hukum Bisnis Kepailitan. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.