DAMPAK PERUBAHAN STRUKTUR EKONOMI TERHADAP PERTUMBUHAN PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO DI PROVINSI LAMPUNG

M. ACHMAD SUBING

Abstract


H.M. ACHMAD SUBING. Dampak Perubahan Struktur Ekonomi Terhadap Pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto di Provinsi Lampung . Penelitian ini marupakan penelitian mandiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh perubahan struktur ekonomi terhadap pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), di Provinsi Lampung. Hasilnya diharapkan dapat digunakan untuk menetapkan kebijakan ekonomi yang diperlukan di Provinsi Lampung. Melalui penelitian ini akan dapat diidentifikasi sektor-sektor mana yang berperan dan yang tidak berperan; sehingga, kebijakan pembangunan sektor yang relevan akan dapat diambil dengan benar. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2016.
Populasi penelitian ini adalah rata-rata perubahan data ekonomi di provinsi Lampung. Sampel penelitian ditentukan secara purposive yakni data ekonomi dalam bentuk time series antara tahun 1990-2015 (25 tahun). Data penelitian bersifat sekunder yang dikumpulkan oleh peneliti dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung.
Hakikat penelitian ini adalah explanatory research dan metode penelitian yang digunakan berbentuk survei. Obyek penelitian yang dijelaskan adalah pengujian hubungan antar variabel. Teknik analisis yang digunakan untuk pengujian tersebut adalah analisis korelasi dan regresi linear berganda dengan taraf siginifikansi sebesar 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan struktur ekonomi berpengaruh secara simultan terhadap pertumbuhan PDRB, Secara parsial, pertumbuhan PDRB lebih dipengaruhi secara positif oleh kontribusi sektor industri pengolahan; sek¬tor keuangan, persewaan dan jasa perusahaan; serta sektor jasa-jasa. Walaupun demikian, pengaruhnya masih rendah dan tidak signifikan. sektor perdagangan, hotel dan restoran; sektor pengangkutan dan komunikasi; serta sektor jasa-jasa. Kebijakan ekonomi yang diperlukan untuk mendorong pertumbuhan PDRB, adalah strategi pembangunan seimbang yang mampu mengatasi hambatan-hambatan penanaman modal di daerah. Faktor-faktor lain yang turut menentukan adalah perubahan kapasitas produksi, sumber daya yang digunakan dan proses-proses sosio-ekonomi yang diperlukan.


Keywords


pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto; PDRB

Full Text:

PDF

References


Alwafier, Agus, 2008. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Daya Saing Investasi dalam Rangka Percepatan Pembangunan Ekonomi serta Implikasinya pada Penciptaan Lapangan Pekerjaan dan Peningkatan Pendapatan Pekerja di Wilayah Cirebon. Disertasi (belum dipublikasikan). Universitas Borobudur, Jakarta

Agung Priadi, Uli, Yogyakarta, 2005

Ananta, dkk, Tingkat Pertumbuhan Penduduk, 1995

BPS, 2009. Statistik Indonesia Tahun 2008.

Bagus Darmawan, 2007. Esai-Esai Nobel Ekonomi. Editor dan Kata Pengantar oleh Prof. Dorodjatun Kuncoro-Jakti. PT Kompas Media Nusantara, Jakarta.

Chenery, Hollis, 1979. Structural Change and Development Policy. Oxford University Press.

Chenery, Hollis and T.N. Srinivasan, 1993. Handbook of development Economics. Handbooks in Economics 9. Elsevier Science Publishers B.V., Amsterdam, Netherland.

Delong, J. Brad Ford, 2002. The Theory of Economic Growth: Macroeconomics. New York: McGraw Hill.

Dumairy, 1997. Perekonomian Indonesia. Penerbit Erlangga, Jakarta.

E-views 5 User’s Guide

Gie, Kwik Kian, 2004. Makro Ekonomi Indonesia: Perkembangan Terkini dan Prospek Tahun 2005. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Gujarati, Damodar, 2003. Basic Econometrics. Third Edition. Mc Graw- Hill, New York.

Gylfason T., 1999. Principles of Economic Growth. Oxford University Press.

Ha-Joon Chang (Editor), 2003. Rethinking Development Economics. Wimbledon Publishing Company, London.

Hayami, Yujiro, 2001. Development Economics: From the Poverty to the Wealth ofNations. Second Edition. Oxford University Press.

Kim, J. dan L. Lau, 1994. The Sources of Economic Growth. Canadian Journal of Economics: Special Issue. Part 2., D., C., The Wold Bank.

Koutsoyiannis. 1975. Modem Microeconometrics. The Macmillan Press Ltd., United Kingdom.

_______. 1977. Theory of Econometrics: An Introductory Exposition of Econometric Methods. Second Edition. The Macmillan Press Ltd., United Kingdom.

Kuznets, Simon, 1964. Economic Growth and The Contribution of Agriculture, dalam Eicher, C.K. dan Witt, L. W. (ed.), Agriculture in Economic Develovment. McGraw -Hill, New York.

Klassen, 1999. Purchasing Power Parity: Evidence From a New Test. Center For Economic Research, Tilburg University, Discussion Paper, No. 9909.

Meyer, Laurence H., 1980. Macro Economics: A Model Building Approach. South-Western publishing Co., Cincinnati, Ohio, USA.

Miles, David and Andrew Scott. 2005. Macroeconomics: Understanding the Wealth of Nations. John Wiley & Sons, Inc., Chichester, England.

Nachrowi Djalal Nachrowi, Hardius Usman, 2005. Penggunaan Teknik Ekonometri. Edisi Revisi. Raja Grafindo Persada, Jakarta,

Pindyck, Robert S. and Rubinfeld, Daniel L., 1999. Econometric Model and Economic Forecast. International Edition. Third Edition. McGraw-Hill Inc 1998. Econometric Models And Economic Forecasts.

McGraw-Hill, Irwin

Siegel, Sidney. 1996. Statistik Nonparametrik: Untuk Ilmu-ilmu Sosial. Terjemahan. Gramedia, Jakarta.

Singarimbun, M. dan Sofian Effendi (Editor), 1995. Metode Penelitian Survai. LP3ES, Jakarta.

Sudarsono, 1983. Pengantar Ekonomi Mikro: “Nerlove dan Taylor Model”, Cetakan Pertama. LP3ES, Jakarta.

Soediyono. R., 1992. Ekonomi Makro: Pengantar Analisis Pendapatan Nasional. Edisi ke-5. Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Tambunan, Tulus, 2005. Perekonomian Indonesia Sejak Orde Lama Hingga Pasca Krisis. Penerbit Pustaka Ouantum, Jakarta.

_______, 2003. Perekonomian Indonesia. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Yotopoulos, Pan A. and Jeffrey B. Nugent, 1976. Economics of Development: Empirical Investigation. Harper & Row, New York.

Yuyun Wirasasmita. 2008. Uji Kelayakan Model. Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.