ANALISIS PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT. HONDA LAMPUNG RAYA DI BANDAR LAMPUNG (Studi kasus pada merk mobil Honda Mobilio)

Endang Siswati Prihastuti

Abstract


Tingkat persaingan yang cukup tinggi didunia bisnis otomotif dan semakin teliti serta meningkatnya pemahaman konsumen tentang otomotif mengakibatkan pelaku dunia bisnis otomotif harus menerapkan strategi Marketing Mix dengan tepat. PT. Honda Lampung Raya di Bandar Lampung salah satu dealer mobil dengan merk Honda dan salah satu jenisnya Honda Mobilio. Permasalahan yang dihadapi perusahaan pencapaian target penjualan rata-rata sebesar 70,13 % pada tahun 2015 dari target yang ditetapkan perusahaan dipengaruhi belum tepatnya Marketing Mix.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui serta menganalisis bagaimana pengaruh Marketing Mix terhadap keputusan pembelian konsumen mobil Honda Mobilio pada PT. Honda Lampung Raya di Bandar Lampung.

Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu : Diduga terdapat pengaruh Marketing Mix terhadap keputusan pembelian konsumen mobil Honda Mobilio pada PT. Honda Lampung Raya di Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data, observasi, dokumentasi, wawancara dan kuesioner. Alat analisis yang digunakan  analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil analisis kualitatif diperoleh hasil bahwa secara umum responden memberikan kriteria setuju terhadap produk, promosi, saluran distribusi/tempat dan harga dalam keputusan pembelian merk mobil Honda Mobilio, demikian juga hasil analisis kuantitatif produk, promosi, saluran distribusi/tempat dan harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian merk mobil Honda Mobilio.


Keywords


Marketing Mix, Keputusan Pembelian Konsumen

Full Text:

PDF

References


Fahmi, Irham. 2016. Teori dan Teknik Pengambilan Keputusan. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

-------------------. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Cetakan Kedua. Yogyakarta : CAPS.

Kurniawan, Arief Rakhman. 2014. Total Marketing. Yogyakarta : KOBIS.

Kotler, Philip & Amstrong, Gary. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi Bahasa Indonesia). Edisi Ke 12. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip & Kevin Lane, Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta : PT Indeks.

Kotler, Philip.1997. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jakarta : Prenhallindo.

Mamang Sangaji, Etta & Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Edisi I. Yogyakarta : ANDI Offset.

Rangkuti, Freddy. 2015. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rusdiana. 2014. Manajemen Operasi. Bandung : Pustaka Setia.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta.

Siregar, Syofian. 2014. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Bumi Aksara.

Sunyoto, Danang. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Cetakan Ketiga. Yogyakarta : CAPS.

---------------------.2015. Perilaku Konsumen Dan Pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta CAPS.

Swastha, Basu & Irawan. 2008. Menejemen Pemasaran Modern. Cetakan Ketigabelas. Yogyakarta : Liberty Offset.

Sutojo, Siswanto & Kleinsteuber.2002. Strategi Manajemen Pemasaran.Jakarta : PT. Damar Mulia Pustaka.

Supriyanto. 2009. Metodologi Riset Bisnis. Jakarta : Indeks

Hadi, Sutrisno. 1989. Statistik Jilid I. Yogyakarta. Andi Offset.

Tjiptono, Fandi & Chandra, Gregorius. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta : Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Bisnis. Yogyakarta : Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran. Edisi II. Yogyakarta : Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.