Modifikasi Anti-Lock Breaking System Menggunakan Pengatur Tekanan Pneumatik

Najamudin NAJAMUDIN

Abstract


Pengereman pada kendaraan merupakan permasalahan yang penting, hal ini menyangkut keamanan dan kenyamanan pemakai kendaraan. Pada kendaraan yang umum masih dipakai adalah sistem rem lock, yaitu sistem rem yang menggunakan gaya gesek untuk mengurangi kecepatan kendaraan/menghentikan kendaraan, hal ini dilakukan dengan cara menginjak pedal rem secara variable gaya tekannya sesuai kebutuhan pengereman. Sistem lock ini mempunyai kelemahan, yaitu dapat menyebabkan kehilangan kestabilan arah kendaraan dikarenakan momentum gerak kendaraan. Antilock Braking System (ABS) adalah sistem pengereman dimana tekanan minyak rem yang bekerja pada silinder roda dikontrol supaya putaran roda tidak mengunci bila pengereman dilakukan secara tiba-tiba. Ini membantu dalam menjaga kestabilan selama terjadi pengereman. Peralatan ABS pada kendaraan masih relatif mahal, sehingga hanya kendaraan mewah saja yang baru menerapkan alat ini. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mencari alternatif permasalahan tersebut. Dengan memodifikasi ABS variasi yang ada di pasaran, hal ini untuk mendapatkan sistem baru pengereman yaitu menjadi semi lock. Modifikasi ABS dengan pengatur tekanan pneumatik pada kendaraan bermotor ini  efek mengunci (lock) pada roda semakin berkurang karena terjadi proses tekan lepas pad pada cakram. Pada saat pengereman dengan menggunakan ABS Modifikasi tuas rem akan terasa maju mundur hal ini disebabkan akibat adanya tekanan balik dari piston udara pada tabung ABS.

Keywords


Pengujian Anti-lock Braking System ; efek mengunci (lock)

Full Text:

PDF

References


Arend, Barenschot, 1980. “Motor Bensin”, Erlangga. Jakarta.

Arismunandar Wiranto, 2002. “Penggerak Mula Motor Bakar Torak”. ITB, Bandung.

Daryanto, 2002. Teori dan Perbaikan Rem. Bandung: Yrama Widya.

Daryanto, Drs. 1996. Mesin Perkakas Bengkel. Jakarta: Rineka Cipta.

Heywood, Jhon B. 1988. “Internal Combustion Engine”. Mc Graw-hill. Massachusetts.

Holman, J. P. 1985. “Metode Pengukuran Teknik”. Erlangga. Jakarta.

Martin, George H. 1992, Kinematika Dan Dinamika Teknik . Jakarta : Erlangga.

Sutantra, I Nyoman. 2001 ,Teknologi Otomotif, Teori dan Aplikasinya. Surabaya: Guna Widya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.