ANALISIS KECEPATAN KENDARAAN MELEWATI RUMBLE STRIPS (Pada Perlintasan Kereta Api Jalan Sultan Agung-Bandar Lampung)

Yulfriwini YULFRIWINI

Abstract


Rumble Strips merupakan suatu rambu peringatan secara fisik yang diperuntukan kepada pengemudi kendaraan agar lebih meningkatkan kewaspadaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecepatan kendaraan melewati  rumble  strips  yang  berada  diperlintasan  kereta  api  di  Jalan  Sultan Agung Bandar Lampung, dimana survei dilakukan dengan membagi 3 area pengamatan yaitu 1 area pengamatan dengan rumble strips dan 2 are pengamatan tanpa rumble strips.

Hasil dari survey menunjukan bahwa keberadaan rumble strips  sangat berpengaruh terhadap kecepatan, hal ini dapat dilihat dari penurunan kecepatan normal rata – rata dengan kecepatan rata – rata menjelang perlintasan baik sepeda motor  maupun  kendaraan  ringan  pada  lokasi  ada  rumble  strips  cenderung berbeda, yaitu pada area pengamatan dengan rumble strip penurunan kecepatan sebesar  5,71  km/jam  untuk  sepeda  motor  dan  4,70  km/jam  untuk  kendaraan ringan,   sedangkan   pada   area   pengamatan   tanpa   rumble   strips   penurunan kecepatan sebesar 19,13 km/jam untuk sepeda motor dan 12,06 km/jam untuk kendaraan ringan. Rumble Strips akan lebih efektif jika pemasangannya relatif dekat dengan perlintasan kereta api yaitu kurang lebih 20 m seperti pada lokasi studi Jalan Sultan agung Bandar Lampung. Langkah berikutnya adalah mengelola data yang ada untuk mengetahui kecepatan rata – rata.

Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kecepatan kendaraan pada ruas jalan yang menggunakan rumble strips, kecepatan kendaraan yang ada adalah berkurang.


Keywords


Rumble Strips.

Full Text:

PDF

References


Brian L. Bowman, Jurnal “ Analysis of Railroad – Highway Crossing Active Advance Warning Devices “, Transportation Reseacrh Record 1114.

F.D. Hobbs (1979), Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, edisi kedua, terjemahan Ir. Suprapto TM, MSc, Ir. Waldijono, Gajah Mada University Press.

H.W. Leibowitz, Jurnal “ Grade Crossing Accidents and Human Factor

Engineering “, American Scientist, Volume 73.

Keputusan Menteri Perhubungan No.3 Tahun 1994 tentang Alat Pengendali dan Pengaman Pemakai Jalan.

Michael J. Cyneecki, James W. Sparks and Jenny I. Grote, Jurnal “ Rumble Strips and Pedestrian Safety “, ITE Journal, Agustus 1993.

Morlok (1984), Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Penerbit Erlanggga.

Ofyar Z Tamin (1992), Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, contoh soal dan aplikasi, edisi kesatu, Penerbit ITB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.