Abstract
Penelitian ini ingin menghasilkan pengembangan model strategi bisnis di Kawasan Sentra Industri Keripik Kel. Segala Mider Bandar Lampung. Usaha ini sudah berjalan cukup lama, namun hingga saat ini belum menunjukkan peranan dalam mendukung perekonomian daerah, dikarenakan para pengusaha pada umumnya belum memiliki model strategi bisnis. Untuk menghadapi persaingan, pelaku bisnis membutuhkan suatu strategi yang terpadu dan tepat agar dapat mengantisipasi dampak dari suatu kejadian dan mampu bertindak proaktif serta inovatif untuk mempertahankan dan meningkatkan kemampuan bersaing. Penelitian ini memiliki tujuan khusus yaitu: 1)Melakukan identifikasi faktor-faktor yang dapat menjadi penunjang pengembangan model strategi bisnis pengusaha keripik pada Kawasan Sentra Industri Keripik di Kelurahan Segala Mider Bandar Lampung, 2) Menyusun rancangan pengembangan model strategi bisnis pengusaha keripik pada Kawasan Sentra Industri Keripik di Kelurahan Segala Mider Bandar Lampung, 3) Merumuskan pengembangan model strategi bisnis pengusaha keripik pada Kawasan Sentra Industri Keripik di Kelurahan Segala Mider Bandar Lampung, 4) Melakukan pengujian terhadap implementasi pengembangan model strategi bisnis pengusaha keripik pada Kawasan Sentra Industri Keripik di Kelurahan Segala Mider Bandar Lampung dan melakukan revisi model akhir. Penelitian ini menggunakan pendekatan action research,dengan menggunakan sampel 34 pengusaha Data yang digunakan adalah primer diperoleh melalui wawancara, kuesioner dan Focus Group Discussion (FGD). Data sekunder diperoleh melalui studi pustaka, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan Model Analisis SWOT yang dipadukan dengan Diagram Kartesius. Untuk mencapai target penelitian, maka dilakukan penelitian pada tahun pertama dan kedua. Pada Tahun I dilakukan penelitian tentang: 1) riset model strategi bisnis (strategi produk, pemasaran, keuangan, sumber daya manusia) yang digunakan saat ini; 2) penelitian tentang pengembangan model strategi produk, pemasaran, keuangan, dan sumber daya manusia. Pada Tahun ke dua dilakukan riset tentang implementasi rancangan pengembangan model strategi bisnis (strategi produk, pemasaran, keuangan, dan sumber daya manusia). Berdasarkan penelitian pada Tahun I diperoleh hasil: 1) kondisi model strategi bisnis yang digunakan pengusaha keripik, 2) rancangan pengembangan model strategi bisnis (strategi produk, pemasaran, keuangan, dan sumber daya manusia) usaha keripik, dan 3) publikasi jurnal. Pada Tahun ke dua diperoleh: 1) pengembangan model strategi bisnis (strategi produk, pemasaran, keuangan, dan sumber daya manusia) dan 2) publikasi jurnal.
Keywords
Strategi Bisnis; Faktor Internal; Eksternal dan Analisis SWOT
References
Aulia, Dewi dan Ikhwana, Andri. 2012. Perencanaan Strategi Pengembangan Usaha Kain Tenun Sutra dengan Pendekatan Metode Balaced Scorecard (Studi Kasus di Pabrik Sutra Tiga Putra). Dipetik (27 Juni 2014) dari http:// jurnal. sttgarut. ac.id/index. php/kalibrasi/ article/ download/46/41.
Biro Pusat Statistik (BPS) dan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Jawa Barat. 2011. Peranan Ekonomi UKM.
David. 2004. Makalah Manajemen Strategi. Dipetik (13 februari 2013). Dari http://www.docstoc.com/docs/22002771/Manajemen-Strategi-Download-as-DOC.
Hidayati, Nurul. 2011. Strategi Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam Mengembangkan Usahanya (Studi pada Industri Ikat Tenun di Parengan Kecamatan Maduran-lamongan). Dipetik (27 Juni 2014) dari http://eprints.upnja tim.ac.id/1498.
Hurriyati, Ratih. 2010. Penerapan Model Strategi Pemasaran Usaha Kecil Berbasis Web 2.0 Sebagai Upaya dalam Meningkatkan Daya Saing Industri Kecil (Penerapan Model pada Industri Kecil Strategis di Kota Bandung). Dipetik 27 Juni 2014, dari http://jurnal.upi.edu/file/Ratih1.pdf.Porter, M. 2007. Bab II Landasan Teori. Dipetik (17 februari 2013) dari http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=23333.
Rangkuti, F. 2006. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Sekaran, Uma. 2009. Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Salemba Empat, Jakarta.
Tambunan, T. 2007. Perkembangan Industri Skala Kecil Di Indonesia. Jakarta: PT. Mutiara Sumber Widya.
Wheelen dan Hunger. 2006. Bab II LandasanTeori. Dipetik (17 februari 2013) dari http://library.binus.ac.id/eColls/eThesis/Bab2/2012-1-00601-SI%20Bab%202.pdf.
Wulan, Sapmaya dan Mahmudi. 2014. Analisis Strategi Bisnis untuk Meningkatkan Daya Saing yang Berkelanjutan pada Pedagang Kaki Lima (Studi pada Usaha Es Mang Udin di Bandar Lampung). Universitas Bandar Lampung. Bandar Lampung.