ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN BERAS PADA PO. SINAR REZEKI DI PESAWARAN
Abstract
PO. Sinar Rezeki merupakan perusahaan penggilingan beras yang bergerak di bidang industri pangan. PO. Sinar Rezeki didirikan sekitar tahun 1960 an. Masalah yang dihadapi oleh PO. Sinar Rezki pada tahun 2018-2019 adalah PO. Sinar Rezeki mengalami penurunan volume penjualan sebesar 14%. Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan volume penjualan beras pada PO. Sinar Rezeki berdasarkan analisi SWOT dan diagram cartesius analisis SWOT. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Analisis yang digunakan untuk menganalisis permasalahan adalah Analisis SWOT dan diagram cartesius SWOT. Hasil dari kombinasi matriks SWOT menghasilkan strategi yang paling dominan digunakan untuk meningkatkan volume penjualan beras yaitu strategi SO dan ST. Dari hasil perhitungan analisis SWOT yang dimana menghasilkan nilai strength 2,05, weakness 0,90, opportunity 1,40 dan threat 0,90. Berdasarkan hasil dari analisis SWOT tersebut menunjukan posisi PO. Sinar Rezeki berada di kuadran I yaitu growth, dimana pada kuadran ini PO. Sinar Rezeki memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Assauri, Sofjan. (2015) Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep, & Strategi Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo Persada
Assauri, S. (2018). Manajemen Bisnis Pemasaran. Depok: Rajawali Pers.
Atmoko, T. P. H. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume
Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 83-96.
David, Fred R. (2011). Manajemen Strategis (Strategic Management), Buku 1, Djatmiko, Budi M. buisness comincation. jakarta: stembi, 215. Edisi 12, Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Efriyanti, F., & Wijaya, O. (2016). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada PT. Sangga Buana Seputih Banyak Lampung Tengah. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 6(2).
Hasibuan, Malayu S. P.(2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Revisi.
Jakarta : Penerbit PT Bumi Aksara
Hubeis, Najib. (2014). Manajemen Strategik dalam pengembangan daya saing organisasi. Jakarta : Elex Media Komputindo.
Hasan, Ali. (2013). Marketing Dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: Caps Indonesia, K. B. B. (2011). Jakarta. Republik Indonesia.
Mukhtar, P. D., & Pd, M. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group.
Rangkuti, Freddy. ( 2014). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis,
Rangkuti.Freddy. (2008) Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis,
Jakarta:PT.Gramedia Pustaka Utama.
Freddy, R. (2009). Strategi Promosi yang kreatif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, Freddy.(2010), trategi Promosi Yang Kreatif & Analisis Kasus Integrated Marketing Communication, Jakarta : Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama
Rangkuti. Freddy. (2011). SWOT Balance Scorecard. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Umum.
Sudaryono, D. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Andi.
Sugiyono. (2013). metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dan R&D.Yogyakarta: Alfabeta.
Sumarni, Murti dan John Soeprihanto.(2010).Pengantar Bisnis (Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan).Edisi ke 5. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta
Wijayati, Hasna.(2019) Panduan Analisis SWOT Untuk Kesuksesan Bisnis.
Yogyakarta: Penerbit Quadrant
Kelasips.com. (2020). Fungsi strategi pemasaran. https://kelasips.com/fungsi- strategi-pemasaran/
Finance.detik.com (2020). Berita ekonomi bisnis. https://finance.detik.com/berita- ekonomi-bisnis/d-5014456/ri-diprediksi-impor-2-juta-ton-beras-tahun-ini.
Refbacks
- There are currently no refbacks.