ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN NILAI PENJUALAN PADA MARTABAK ANEKA DI KOTA METRO

Farida Efriyanti

Abstract


Martabak Aneka Kota Metro mengalami suatu masalah dengan terjadinya penurunan tingkat penjualan pada produk yang dijualnya. Permasalahan dalam penulisan skripsi ini adalah “Bagaimana strategi pemasaran untuk meningkatkan nilai penjualan yang dilakukan oleh Martabak Aneka di Kota Metro?”.

Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran untuk meningkatkan nilai penjualan pada Martabak Aneka di Kota Metro. Berdasarkan hasil pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa dari analisis SWOT secara umum Martabak Aneka, masih adanya strategi-strategi yang lemah dan perlu dipertimbangkan dan diperbaiki oleh perusahaan jika dibandingkan dengan strategi pesaing, seperti pada strategi promosi, dan antisipasi terhadap pesaing.

Berdasarkan hasil analisis BCG, diperoleh nilai tingkat pertumbuhan pasar sebesar 4,73% sedangkan untuk perhitungan pangsa pasar relatif diperoleh nilai sebesar 85,45% atau 0,8545 kali. Hal ini menunjukkan bahwa Martabak Aneka berada pada Kuadran II, yaitu Daerah Bintang (Stars), bagian Kuadran II yang memiliki pangsa pasar relatif tinggi dan rata-rata pertumbuhan pasar yang tinggi.


Keywords


Strategi Pemasaran; Nilai Penjualan; Martabak Aneka.

Full Text:

PDF

References


Alma, Bukhari. 2002. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.

Assauri, Sofyan. 2008. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. Edisi Pertama. Cetakan Keempat. Penerbit Rajawali. Jakarta.

Chandra, Gregorius. 2002. Strategi dan Program Pemasaran. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Firdaus. 2008. Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia. Salemba Empat. Jakarta.

Gitosudarmo. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Revisi. PT Prenhallindo. Jakarta.

Machfoedz, Muhammad. 2010. Manajemen Pemasaran. Bumi Aksara. Jakarta.

Nilasari, Senja. 2014. Manajemen Strategi itu Gampang: untuk Pemula dan Orang Awam. Penerbit Dunia Cerdas. Jakarta.

Purwanto, Iwan. 2008. Manajemen Stratejik. Yrama Widya. Bandung.

Rangkuti, Freddy. 2009. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rismiati dan Suratno. 2005. Pemasaran Prinsip dan Kasus. Edisi Kedua. BPFE. Yogyakarta.

Soehardi. 2006. Metode Riset dan Aplikasinya Dalam Pemasaran. Penerbit PT. Gramedia Utama. Jakarta.

Sunarto. 2003. Strategi: Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif? Erlangga. Jakarta.

Supariyani. 2004. Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan. Erlangga. Jakarta.

Sutojo dan Kleinsteuber. 2002. Manajemen Strategi. Salemba Empat. Jakarta.

Uswara. 2003. Strategi Bersaing: Teknik Menganalisa Industri Bersaing (Terjemahan). Penerbit Erlangga. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.