ANALISIS TINGKAT KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE PCI (Pavement Condition Index) Pada Ruas Jalan Pulau Damar Bandar Lampung

Yulfriwini YULFRIWINI, Ilyas Sadad

Abstract


Penurunan kualitas jalan dapat menyebabkan berbagai permasalahan, seperti meningkatkan angka kecelakaan dan ketidak nyamanan masyarakat sebagai pengguna jalan. Indikatornya dapat diketahui dari kondisi permukaan jalan, baik kondisi struktural maupun fungsionalnya yang sudah tidak berfungsi dengan baik.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis jenis kerusakan dijalan Pulau Damar, Kota Bandar Lampung dan menghitung nilai kondisi perkerasan jalan atau Pavement Condition Index (PCI) serta dapat mengetahui penanganan kerusakan pada konstruksi, apakah itu bersifat pemeliharaan, penunjang, atau rehabilitasi. Ini diharapkan dapat memberi usulan penanganan kerusakan jalan agar ruas jalan tersebut tetap mampu memberikan tingkat pelayanan dan kenyamanan bagi para pemakai jalan.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa kerusakan jalan dengan metode PCI (Pavement Condition Index) hasil nilai total PCI sebesar 65. Berdasarkan hasil PCI nilainya 65 artinya kondisi jalan tersebut lebih dari 50% masih dalam kondisi bagus dan hanya membutuhkan penambalan atau penanganan disetiap kerusakan yang ada pada jalan Pulau Damar

Keywords


PCI, Kerusakan jalan, Jenis kerusakan

Full Text:

PDF

References


Evelyn Bolla,Margareth., 2011 “Perbandingan Metode Bina Marga Dan Metode Pavement Condition Index (PCI) Dalam Penilaian, Kondisi Pekerjaan Jalan (Studi Kasus : Ruas Jalan Kaliurang, Kota Malang)”

Hardiatman, Deden., “Analisis Kondisi Kerusakan Jalan Pada Lapis Permukaan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) (Studi Kasus : Ruas jalan Goa Selarong, Guwosari, Bantul Yogyakarta)”

Hardiyatmo H.C., 2007, Pemeliharaan Jalan Raya, Gajah Mada University

Press, Yogyakarta.

Hobbs.,1995, Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Gajah Mada University

Press, Yogyakarta.

H. Oglesby, Clarkson., 1999.”Teknik Jalan Raya” Stanford University.

Hary Christady Hardiyatmo., 2015 “Pemeliharaan Jalan Raya Edisi

Kedua:Perkerasan Drainase Longsoran”


Refbacks

  • There are currently no refbacks.