EVALUASI KEBIJAKAN PROGRAM 1000 HARI PERTAMA KEHIDUPAN DALAM PENANGANAN STUNTING PADA DINAS KESEHATAN KOTA BANDAR LAMPUNG

Agustuti Handayani

Abstract


Intervensi gizi spesifik merupakan suatu tindakan atau kegiatan yang ditujukan khusus untuk kelompok 1000 HPK. Umumnya kegiatan ini dilakukan oleh sektor kesehatan seperti imunisasi, pemberian makanan tambahan ibu hamil dan balita, monitoring pertumbuhan balita di posyandu, pemberian suplemen tablet besi-folat ibu hamil, promosi ASI eksklusif, MP-ASI dan sebagainya. Penelitian inibertujuanuntuk mengetahui evaluasi kebijakan Program 1000 Hari Pertama Kehidupan dalam penanganan Stunting Pada Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung. Tipepenelitianyang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.

 

Hasil dari penelitian menunjukkan implementasi gerakan 1000 HPK belum berjalan efektif. Indikatornya adalah tidak tercapainya Rencana Jangka Menengah yang menargetkan penurunan prevalensi gizi buruk   tidak tercapai, masih terdapat bayi kekurangan gizi. Selain itu, masih tingginya prevalensi anemia pada ibu hamil serta masih rendahnya partisipatif Ibu yang memberi ASI Eksklusif


Keywords


Evaluasi, kebijakan, Program 1000 Hari Pertama Kehidupan, Stunting

Full Text:

PDF

References


Abidin, 2012, KebijakanPublik, Jakarta, Penerbit Salemba.

Agustino, Leo. 2008. Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Harbani. 2011. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Islamy, 2000, Prinsip-prinsip PerumusanKebijakanNegara. Jakarta. Sinar Grafika

Martono, Nanang. 2011. Sosiologi Perubahan Sosial (Perspektif, Modern, Posmodern, dan Poskolonial). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, Deddy. 2016. Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik: Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik Berbasis Analisis Bukti untuk Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.

Nugroho, Riant. 2014. Public Policy. Jakarta: Elex Media Komputindo. Pasolong,

Sinambela, 2006, Reformasi Pelayanan Publik, Teori,Kebijakan dan Implementasi,BumiAksara, Jakarta

Suaib, Muhammad Ridha. 2016. Pengantar Kebijakan Publik: dari Administrasi Negara, Kebijakan Publik, Administrasi Publik, Pelayanan Publik, Good Governance, hingga Implementasi Kebijakan Publik. Yogyakarta: Calpulis.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Wahab, Solichin Abdul. 2012. Analisis Kebijakan: dari Formulasi Penyusunan Model-Model Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Widodo, 2001, Pengantar AnalisisKebijakanPublik, Gadjah Mada Press, Jogjakarta.

Winarno, Budi. 2012. Kebijakan Publik (Teori, Proses, dan Studi Kasus) Yogyakarta: PT Buku Seru.

Peraturan

Peraturan Presiden Nomor 42 Tahun 2013 tentang Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi

Peraturan Gubernur Lampung Nomor 11 Tahun 2016 tentang Program Gerakan Percepatan Seribu Hari Pertama Kehidupan Melalui Pendekatan Keluarga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.