ANALISIS STRATEGI BISNIS CAFE UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING YANG BERKELANJUTAN (Studi Kasus Pada Cafe Warung Nongkrong di Jalan Pagar Alam Bandar Lampung)

Toton TOTON

Abstract


Analisis Strategi Bisnis Cafe untuk Meningkatkan Daya Saing Yang Berkelanjutan (Studi Kasus pada cafe warung nongkrong di Pagar Alam Bandar Lampung)(Toton,SE.M.Si. Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung) Warung Nongkrong Cafe berada di jalan Z.a Pagar Alam, Bandar Lampung, Usaha ini di rintis oleh Bapak Imanda sejak Bulan Juni 2012 lalu. Masalah yang di hadapi Warung nongkrong adalah kecenderungan menurunnya konsumen warung nongkrong di November 2017 - Oktober 2018 yang rata-rata turun 18,3%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya saing di  cafe warung nongkrong di Bandar Lampung. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner, di warung nongkrong dan dua pesaing lainnya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis, hasil SWOT (strength , wekness, opportunity, dan,threat). Berdasarkan analisis SWOT dan diagram Cartesian SWOT, Strategi SO (Strenght-opportunity) memiliki skor tertinggi 3,83 dan berada di kuadran 1 (Agresif growth).


Keywords


Strategi Bisnis, UMKM, SWOT, dan Daya Saing

Full Text:

PDF

References


Assauri. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : RajaGrafindo (Rajawali Press).

Cravens, David. 1996. Pemasaran Strategis. Jilid satu. Penerbit Erlangga: Jakarta

David, Fred R. 2011. Manajemen Strategis (Strategic Management), Buku 1,

Djatmiko, Budi M. buisness comincation. jakarta: stembi, 215.Edisi 12, Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Fahmi, Irham.2012. Manajemen teori, kasus dan solusi.Bandung:Alfabeta.

Fitriyanti, Yuli. 2010. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Daya Saing Industri Kecil Dan Menengah Makaknan Dan Minuman Berdasarkan Poters Diamond Model. : Kota Sukabumi

Handoko, T. Hani. 2003. Pengantar Manajemen.PT. Gramedia Pustaka Umum: Jakarta

Hasibuan. 2014. Manajemen : dasar, pengertian, dan masalah. Jakarta : Bumi Aksara.

Hidayat, Taufik. 2015. Formulasi Strategi Bisnis Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Industri Batik “Mliwis Putih” Di Desa Sobontoro, Balen, Bojonegoro: IKIP PGRI Bojonego

http://digilib.unila.ac.id/28712/5/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf

http://www.academia.edu/30437216/SKRIPSI_ANALISIS_SWOT_SEBAGAI_STRATEGI_MENINGKATKAN_DAYA_SAING_PADA_HOTEL_CHERRY_PINK_KH.WAHID_HASYIM

Hubeis, Najib. 2014. Manajemen Strategik. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1994.

Kasmir. 2014. Kewirausahaan. Jakarta : RajaGrafindo Persada.

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia:Bogor

Porter, Michcel A. 1980. Competitive Strategy. The Free Press: New York

Prawirokusumo. 2000. Teknik Analisis SWOT Dalam Bisnis.

Rangkuti.2006. Analisis SWOT Tehnik membedah Kasus Bisnis (Jakarta: PT. Gramedia pustaka utama).

Saladin, Djaslin dan Yevis Marty Desman. 2002. Intisari Manajemen Pemasaran. Penerbit Linda Karya: Bandung

Sugiyono. 2013. metode penelitian kualitatif dan kuantitatif dan R&D.Yogyakarta: Alfabeta.

Suliyanto. Dhewiberta, Hardjono. 2006. Metode riset bisnis. Yogyakarta:Andi.

Suroso, Imam. 2007. Konsep Dan Teori Manajemen Strategi. Penerbit Center For Society Studies: Jember

Tjiptono, Chandra. 2012. Pemasaran Strategik Edisi 2. Yogyakarta : CV Andi Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.