PENGARUH KOMPENSASI, DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGANKERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN KSP TRI DHARMA ARTHA LAMPUNG TENGAH

Nuria Erisna

Abstract


Kinerja merupakan perilaku  yang dimiliki  setiap orang sebagai prestasi kerja yang dihasilkan oleh karyawan sesuai dengan peranannya dalam perusahaan. Kompensasi, disiplin kerja dan lingkungan kerja diyakini mampu mempengaruhi kinerja karyawan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Semakin  besar kompensasi, tingginya tingkat disiplin kerja dan membaiknya lingkungan kerja maka semakin tinggi kinerja karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kompensasi, Disiplin Kerja serta Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan KSP Tri Dharma Artha Lampung Tengah. Berdasarkan analisis kuantitatif dengan menggunakan pendekatan statistic yaitu untuk regresi linier berganda diperoleh fungsi persamaan yaitu Y = 3,84 + 0,306 X1 + 0,370 X2 + 0,350 X3 et. Ini menunjukan bahwa variabel X1, X2 dan X3 berpengaruh terhadap kinerja karyawan (Y).Nilai R-Square (R2) 0,481 , ini menunjukan bahwa 48,1% kinerja karyawan KSP Tri Dharma Artha Lampung Tengah, dipengaruhi oleh Kompensasi (X1), Disiplin Kerja (X2) dan Lingkungan Kerja (X3). Pada uji t kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, karena nilai thitung (1,850) lebih besar dari ttabel (1,68) atau dengan kata lain thitung > ttabel. Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, karena nilai thitung (2,674) lebih besar dari ttabel (1,68) atau dengan kata lain thitung > ttabel. Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, karena nilai thitung (1,845) lebih besar dari ttabel (1,68) atau dengan kata lain thitung > ttabel.  Pada uji F , diperoleh perhitungan dimana Fhitung lebih besar dari Ftabel (16,822 > 2,80) . hal ini menunjukan bahwa secara keseluruhan kompensasi, disiplin kerja dan lingkungan kerja mempunyai pengaruh terhadap kinerja karyawan KSP Tri Dharma Artha Lampung Tengah. Ini menunjukan secara bersama-sama seluruh variabel X1, X2, dan X3 berpengaruh terhadap variabel kinerja karyawan (Y).

Jadi sesuai dengan hasil analisis kuantitatif diatas maka diambil kesimpulan bahwa seluruh variabel X1 (Kompensasi), X2 (Disiplin Kerja), dan X3 (Lingkungan Kerja) berpengaruh terhadap Y (Kinerja). Maka hipotesis yang menyatakan Kinerja Karyawan KSP Tri Dharma Artha Lampung Timur dipengaruhi oleh Kompensasi, Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja dapat diterima.


Keywords


Kompensasi, Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja, dan Kinerja

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini 2010 Prosedur suatu Penelitian Praktek , PT Rineke Citra , Jakarta

Anwar Prabu Mangkunegara, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Ghozali, Imam, 2005 Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS, Semarang Badan Penerbit Undip Semarang

Mangkunegara, Anwar. P 2002 Prilaku dan Budaya Organisasi, Bandung Refika Aditama

Malayu S.P. Hasibuan, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Rivai, Veitzhal dan Mulyadi, Deddy. (2012). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Robbins dalam Sembiring,. 2012. Budaya & Kinerja Organisasi : Perspektif Organisasi Pemerintah. Bandung : Fokus Media.

Robbins. Stephen. P., Coulter. Mary. (2012). Management. Eleventh Edition. Jakarta: England.

Robbins, Stephen. P. Dan Timothy A.Judge, 2012. Perilaku Organisasi. Edisi Ke-12, Buku 1, Alih Bahasa: Diana Angelica. Salemba Empat, Jakarta.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sedarmayati 2001, Sumber Daya Manusia dan produktivitas Kerja , Penerbit Mandar Maju, Bandung

Veithzal Rivai, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan : Dari Perusahaan Ke Praktik, Edisi ke-1, Rajawali Pers, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.