Testimoni : Teori dan Strategi Ekonomi Bisnis, Era Global dan Orde Reformasi

Supriyanto SUPRIYANTO

Abstract


Ketika pesawat AS menghujani Hiroshima dan Nagasaki dengan bom atom, kaisar Jepang, Hirohito tiarap di lantai. Tak lama kemudian ia berdiri tegak. Dengan penuh emosi kalimat pertama yang dia ucapkan: “Berapa guru yang masih hidup? Kita akan segera bangkit lagi dan menjadi bangsa terhormat di muka bumi”. Sekarangbisnis koperasi tengah menghadapi perubahan yang sangat mendasar dan pesat. Sisa-sisa reruntuhan krisis ekonomi dan keuangan masih tampak dimana-mana. Eksistensi koperasi sebagai salah satu pilar ekonomi di negeri ini mulai diabaikan. Jarang kebijakan ekonomi yangkosisten memberlakukan peran  koperasi. Namun tidak sedikit pakar yang masih mau memasuki ranah ini untuk menguji Bisnis Koperasi.

Dari realitas padang tandus yang gersang, “Testimoni: Teori dan Strategi Ekonomi Bisnis Koperasi,Era Global dan Orde Reformasi“ dilakukan/hadir bak oase yang sejuk di era global dan orde reformasi. Hal ini beralasan, bukankah koperasi kali pertama lahir di dunia, juga didorong oleh kesengsaraan masyarakat akibat keganasan Kapitalisme? Masih eksiskah teori ekonomi bisnis koperasi di era dan orde ini, perlu sekali uji pasar.Kerangka pikir digali dari berbagaihal baik pendekatan nominalis maupun essensialis, serta berusaha melakukan sebagai antisipasi masalah menghadapi millennium III.

 Buku ini akan sangat berguna oleh siapa saja yang ingin mengetahui secara mendalam mengenai masalah bisnis koperasi. Diharapkan ada tetesan embun segar yang bisadiserap dan memberikan harapan hidup bagi Bisnis Koperasi yang bertambah baik. Semoga mereka masih konsisten dalam berfikir memajukan ekonomi dengan tetap memberlakukan peran koperasi. Singkatnya, naskah ini ditulis dalam rangka memperluas wacana disaat sulitnya bahan bacaan dalam bahasa Indonesia yang secara khusus membahas tentang Teori Ekonomi Bisnis  Koperasi Era Ekonomi Global dan orde Reformasi.

  1. 1.       Dunia Bisnis dan Koperasi Indonesia Abad XXI

Menyajikan dan melihat posisi dunia bisnis dan koperasi pada ndustrym tiga, dinamika perkembangan tiga pilar ekonomi Indonesia, ndust-faktor penyebab kegagalan Koperasi Indonesia, dan alasan hak hidup Bisnis Koperasi Indonesia serta  ndustry koperasi menghadapi abad 21.

  1. 2.      Kebutuhan Teori dalam Analisis Ekonomi Bisnis Koperasi

Membahas tentang arti penting teori ekonomi bisnis koperasi, fungsi/kegunaan teori ekonomi koperasi, ruang lingkup ilmu ekonomi dan kaitannya dengan ekonomi koperasi dan berusaha memberikan definisiekonomi koperasi.

  1. 3.      Organisasi Bisnis Koperasi

Menggambarkan tentang sistem ndust ekonomi organisasi bisnis koperasi, Konsep dasar badan usaha dan koperasi, Karakteristik badan usaha koperasi serta teori sistem administrasi dalam badan usaha koperasi

  1. 4.      Teori Partisipasi dalam Organisasi Koperasi

Berusaha menjelaskan masalah teori partisipasi dalam organisasi bisnis koperasi, bentuk-bentuk partisipasi dalam organisasi bisnis koperasi, teori partisipasi  dan keunggulan potensial dalam badan usaha koperasi

  1. 5.      Teori Harga dan Pasar Dalam Bisnis Koperasi

Mencoba membahas tentang struktur pasar dan pembentukan harga, posisi, kebijakan dan strategi bisnis koperasi dalam pasar persaingan sempurna maupun dalam pasar persaingan tidak sempurna dan koperasi menghadapi kedua pasar

  1. 6.      Teori Biaya dalam Bisnis Koperasi

Berusaha menjelaskan tentang konsep dasar teori biaya dalam bisnis koperasi, teori biaya produksi dalam koperasi, teori biaya transaksi dalam koperasi serta strategi pemberdayaan efek koperasi.

  1. 7.      Masalah Kewirausahaan dalam Bisnis Koperasi

Mencoba menguraikan masalah konsep dasar wirausaha/kewirausahaan koperasi, wirausaha dalam menilai kekuatan dan peluang usaha, analisis posisi dan strategi bisnis koperasi di arena pasar, Strategi pemasaran bisnis koperasi dan strategi usaha koperasi dalam bisnis eceran.

  1. 8.      Masalah Falsafah dan Strategi Bisnis Koperasi Indonesia

Berusaha mengetengahkan latar belakang pentingnya falsafah manajemen dan strategi bisnis ndust-negara ndustry maju, serta pengenalan teori P dan strategi bisnis/ koperasi Indonesia.

Dengan selesainya naskah ini, diharapkan tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, Penulis akan merasa bahagia dan terimakasih, bila ada pihak-pihak yang sudi memberikan kritik dan saran. Akhirnya, bersedia secara bersama-sama untuk memperjuangkan kemajuan usaha kecil dan menengah melalui wadah koperasi atau organisasi bisnis koperasi.Amin.


Keywords


Teori dan Strategi Ekonomi Bisnis Koperasi,Era Global dan Orde Reformasi

Full Text:

PDF

References


Alfred Hanel, Organisasi Koperasi, Pokok-Pokok Peraturan Mengenai Organisasi Koperasi dan Kebijakan Pengembangan di Negara-Negara Berkembang, Universitas Pajajaran Bandung, 1986.

Buku Pegangan Kewirausahaan, UPT – Penerbitan IKOPIN, 1994

Dominick Solvatore, Teori Mikro Ekonomi, Seri Schaum, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1991

Engene A. Diulio, Teori Mikro Ekonomi, Seri Schaum, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1991

Eberhard Diilfer., International Hand Book Of Cooperation Organization, Handenhulck and Repulick in Golttingen, 1994.

Ewell Paul Roy. , Cooperative, Devolepment, Principles and Management, The Institute Printers and Publisher, Inc, Donelle, Illions, 1976.

Hans H. Munkers, Koperasi Untuk Sikaya atau Simiskin, Universitas Marburg, RFJ, 1985.

Hoedhiono Kadarisman, Pola Inkubator, Pedoman Pengentasan Usaha Kecil Menengah dan Koperasi, PT. IBEC dan PSAC, Jakarta, 1997.

Ima Suwandi, Koperasi-Organisasi Ekonomi yang Berwatak Sosial, Bhatara Karya Aksara, Jakarta. 1982

Jeffrey S Rayu, Cooperative Theory, New Approach, United State Of Agriculture, AS, 1987.

Jacken Ropke, Cooperative Entrepreneurship, Entrepreneurial Dynomcis and their Promotion in Self-help Organization, Marburg Consult Germany, 1992.

Kisdarto AtmoSoeputro (KAS), Menuju SDM Berdaya, Dengan Kepemimpinan Efektif dan Manajemen Efisien, PT Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia – Jakarta, 2005.

----------, The Economic Theory Of Cooperative Iinterprise, Marburg Consult, Germany, 1992

----------, Strategic Management of Self – Help Organizations, Marburg Consult, Germany.1992.

Myun W. Lee, Mari Menciptakan Theory W Gaya Manajemen Korea (Lets, Make W. Theory) – Terjemahan Chang Van Son, Penerbit Andi Yogjakarta, 1996.

Muhammad Hatta, Membangun Koperasi dan Koperasi Membangun, Inti Idayu Press, Jakarta,1971’

Muslimin Nasution, Koperasi Menjawab Kondisi Ekonomi Nasional, PIP dan LPEK, Jakarta, 2008.

John P. Kotler dan James L Hesbell, Cooperative Culture and Reformance, Simon and Schuster, Pte, Ltd, Indonesia PT. Prenhalindo, Jakarta, 1992

Prosiding, Hasil Seminar Nasional, Kewirausahaan Koperasi, IKOPIN, Jatinegara, 1993.

----------, Hasil Seminar Nasional, Internalisaasi Program Inkubator Bisnis, Dalam Pembinaan UKM dan Koperasi, PIBI – IKOPIN , 1996

----------, Hasil Seminar Nasional, Pengembangan Disiplin Ilmu Kewirausahaan di Lingkungan Perguruan Tinggi, PIBI – IKOPIN, 1997.

----------, Hasil Lokakarya Pengajaran Ekonomi Koperasi di Perguruan Tinggi, FMP, IKOPIN, Bandung, 1997.

Richard A. Billas, Teori Mikro Ekonomi, PT. Gelora Aksara, Penerbit, Erlangga, Jakarta, 1991.

Ronald Kasali, Sembari Menumi Kopi, Politeking di Panggung Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama dan Majalah Tiara, 1998.

Sugeng Saryadi, Reformasi Kebijakan Menyonsong Milenium Ketiga, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1998.

Stephen R. Covey, The Seven Hebits of Highly Effective People, Seamon and Schuster, Inc, Di Indonesia Oleh Binarupa Aksara, Jakarta, 1994.

Tri Guno, Budaya Kerja, Menciptakan Lingkungan Yang Kondisive Untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja, PT. Golden Terayan Press – Jakarta, 1997.

Undang-Undang RI no 25 Tahun 1992, Tengtang Perkoperasian, Arikha Media Cipta, jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.