PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI KANWIL DIREKTORAT JENDERAL PAJAK BENGKULU DAN LAMPUNG DI BANDAR LAMPUNG

Prajawantoro PRAJAWANTORO, Ardansyah ARDANSYAH, Nine Seventia

Abstract


Paradigma lama tentang anggapan bahwa IQ (IntelligenceQuotient) sebagai satu-satunya tolak ukur kecerdasan, yang juga sering dijadikan parameter keberhasilan dan kesuksesan kinerja sumber daya manu¬sia, digugurkan oleh munculnya konsep atau paradigma kecerdasan lain yang ikut menentukan kesuksesan dan keberhasilan seseorang dalam hidupnya.
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja pegawai Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Bengkulu dan Lampung di Bandar Lampung.
Sampel dalam penelitian ini adalah 91 pegawai dan kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi: Analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f, serta analisis koefisien determinasi (R2). Analisis kualitatif merupakan uji validitas dan reliabilitas serta analisis deskriptif yang merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh dalam penelitian.
Pada penelitian ini diketahui bahwa kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Bengkulu dan Lampung di Bandar Lampung.


Keywords


Kecerdasan emosional; kecerdasan spiritual dan kinerja

References


Adryanto, Michael (2012) Tips And Tricks for Driving Productivity strategi dan teknik mengelola kinerja untuk meningkatkan produktivitas. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Agustian, Ary Ginanjar. 2007. ESQ. Emotional Spiritual Quotient. The ESQ Way 165. 1 Ihsan 6 Rukun Iman 5 Rukun Islam. Jakarta: Arga Publishing.

A.Prabu Mangkunegoro. “Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia”, PT. Rifeka Aditama, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Bernardin dan Russel. “Pinter Manajer, Aneka Pandangan Kontemporer”, Alih Bahasa Agus Maulana, Penerbit Binarupa Aksara, Jakarta, 2007.

Boyatzis, R, E, Ron, S. “Unleashing the Power of Self Directed Learning”, Case Wastern Reserve University, Cleveland, Ohio, USA, 2001.

Buzan, Toni. “Kekuatan ESQ: 10 Langkah Meningkatkan Kecerdasan Emotional Spiritual”, Terjemah: ana Budi Kuswandani. PT. Pustaka Delapratosa, 2003.

Dassler, Garry. “Manajemen Sumber Daya Manusia”, PT. Indeks, Jakarta, 2006.

Gardner, H. ”Pendidikan Emosional Usia Dini”, C.V Tirta, Bandung, 1983.

Goleman, Daniel (2015). Emotional Intelligence : Kecerdasan emosional mengapa EI lebih penting daripada IQ, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, Imam. “Aplikasi analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19”, Badan Penerbit Universitas Diponogoro, Semaramg, 2012.

Harmoko, R., Agung, 2005. Kecerdasan Emosional.Binuscareer.com

Hasibuan, Malayu S. P. 2006, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi : Jakarta. Bumi Aksara

Hoffman, E. “Psychological Testing At Work”, Mc Graw Hill, New York, 2002.

Idrus, Muhammad. “Kecerdasan Spiritual Mahasiswa Yogyakarta”, Psikologi Phronesis, Jurnal Ilmiah dan Terapan, Vol.4 No.8, Desember 2002.

Indriantoro, Nur, dan Bambang Supomo. “Metodologi penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen”, Edisi Pertama, BPFE-Yogyakarta, Yogyakarta, 1999.

Khavari. Khalil, A. “The Art of Happiness: Menciptakan Kebahagiaan dalam Setiap Keadaa”, PT Serambi Ilmu Semesta, Jakarta, 2006.

Luthans, F. “Organizational Behavior”, McGraw-Hill, New York, 2005.

Mangkunegara. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Rosda.

Mathis, R, I, dan Jackson. “Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia”, Terjemahan Dian Angelia, Salemba Empat, Jakarta, 2006.

Mudali. “Qoute: How High Is Yous Spiritual Inteligence?”, diakses pada tanggal 20 November 2018, dari http://www.eng.usf.eddu/gopalakr/artcles/spiritual.html

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Patton, P. ”Kecerdasan Emosional di Tempat Kerja”, Alih Bahasa : Zaini Dahlan, Pustaka Delaprata, Jakarta, 1998.

Pusat Bahasa. 2007. KBBI Daring, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas RI, http://pusatbahasa.diknas.go.id. Diunduh tanggal 20 November 2018

Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Rivai, Vethzal dan Ella Jauvania Sagala. “PeforManajemen Sumbar Daya Manusia untuk Perusahan”, PT. Raja Jakarta, 2011.

Sala, F. “Do Programs Designed to Increase Emotional Intelligence at Work”, Emotional Inteligence Consortium Research Journal. Boston, 2004.

Santoso, Singgih. “Buku Latihan SPSS”, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2010.

Sedarmayanti. “Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil”, PT. Refika Aditama, Bandung, 2011

Tikollah, M. Ridwan, Iwan Triyuwono, dan H. Unti Ludigdo. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi pada Perguruan Tinggi Negeri di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan)”, Simposium Nasional Akuntansi 9, halaman 1-25, 23-26 Agustus 2006.

Trihandini, R.A. Fabiola Meirnayati. “Analisis Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosi, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Hotel Horison Semarang)”, Tesis Program Pascasarjana Universitas Diponegoro, 2005.

Wahab, Abd dan Umiarso. “Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spiritual”, Ar Ruzz Media, Jogjakarta, 2011.

Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja. Jakarta : PT. Raja Grafindo Parsada.

Wirawan, 2014, Kepemimpinan, Teori, Psikologi, Perilaku Organisasi, Aplikasi dan Penelitian, Organisasi Bisnis, Pendidikan dan Militer , Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Zohar, Danah dan Marshall, Ian. 2005. SC, Spiritual Capital, Memberdayakan SQ di Dunia Bisnis. Cet I. Bandung: Mizan Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.