DETERMINASI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, KEBUTUHAN MODAL DAN EKSPEKTASI PENDAPATAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BANDAR LAMPUNG

Endang Siswati Prihastuti

Abstract


Tujuan  dari penelitian ini adalah:1) Untuk mengetahui determinasi pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha, 2) Untuk mengetahui determinasi kebutuhan modal terhadap minat berwirausaha, 3) Untuk mengetahui determinasi ekspektasi pendapatan terhadap minat berwirausaha, 4) Untuk mengetahui determinasi pendidikan kewirausahaan, kebutuhan modal, dan ekspektasi pendapatan secara bersama-sama mendeterminasi minat berwirausaha. Metode analisis yang digunakan, metode kualitatif untuk memberikan gambaran tanggapan responden tentang pendidikan kewirausahaan, kebutuhan modal, ekspektasi pendapatan dan minat berwirausaha dan metode kuantitatif menggunakan model regresi linier berganda. Ukuran sampel yang digunakan sebanyak 79 responden dengan menggunakan accidental sampling method. Dari hasil penelitian diketahui bahwa:1). Hasil perhitungan model regresi linear berganda diperoleh nilai uji t statistik sebesar  2.534 arah koefisien regresi positif dengan tingkat signifikansi sebesar 0.013, hal ini berarti bahwa variabel pendidikan kewirausahaan determinan signifikan terhadap minat berwirausaha dan determinasinya adalah positif, sehingga apabila pendidikan kewirausahaan semakin meningkat maka minat berwirausaha juga mengalami peningkatan, 2). Hasil perhitungan model regresi linear berganda diperoleh nilai uji t statistik sebesar  3.248 arah koefisien regresi positif dengan tingkat signifikansi sebesar 0.005, hal ini berarti bahwa variabel kebutuhan modal determinan signifikan terhadap minat berwirausaha dan determinasinya adalah positif, sehingga apabila kebutuhan modal semakin meningkat maka minat berwirausaha juga mengalami peningkatan, 3). Hasil perhitungan model regresi linear berganda diperoleh nilai uji t statistik sebesar  4.050 arah koefisien regresi positif dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000, hal ini berarti bahwa variabel ekspektasi pendapatan determinan signifikan terhadap minat berwirausaha dan determinasinyanya adalah positif, sehingga apabila ekspektasi pendapatan semakin meningkat maka minat berwirausaha juga mengalami peningkatan, 4) Diperoleh nilai F Hitung sebesar 17.455 pada tingkat signifikansi 0,000 sehingga hipotesis  Nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima, hal ini berarti variabel independen secara bersama-sama determinan terhadap variabel dependen. Dengan demikian variabel pendidikan kewirausahaan, variabel kebutuhan modal dan variabel ekspektasi pendapatan yang dimasukkan dalam model regresi berganda linear mempunyai determinasi bersama-sama secara signifikan terhadap minat berwirausaha

Keywords


pendidikan kewirausahaan, kebutuhan modal, ekspektasi pendapatan dan minat berwirausaha

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2007. Kewirausahaan.Bandung:Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bustami, Bastian. dkk. 2007. Mari Membangun Usaha Mandiri. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Djaali. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Edisi 5. Semarang:BP Universitas Diponegoro.

------------------. 2009. Aplikasi Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang:BP Universitas Diponegoro.

Hery. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta:Gramedia Widiasarana Indonesia.

Kasmir. 2016. Kewirausahaan. Jakarta:RajaGrafindo Persada.

Kemendiknas. 2010. Manajemen Usaha Kecil (Bahan Pelatihan Untuk Calon Wirausaha), Buku 4.

Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian. Bogor:Ghalia Indonesia.

Reklau, Marc. 2017. Cara Cepat Melatih Kebiasaan Positif Sehari-Hari. Jakarta:Gemilang.

Rosmiati, dkk. 2015. Sikap, Motivasi, dan Minat Berwirausaha. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 17, Nomor 1, Maret 2015.

Ramadhani, Nova Tiara dan Nurnida, Ida. 2017. Jurnal Ecodemica, Volume 1 Nomor 1 April 2017.

Supriyanto. 2018. Kewirausahaan-Solusi Memasuki Dunia Kerja, Bisnis, Koperasi dan Birokrasi. Bandar Lamung:AURA.

Supriyanto. 2009. Metodologi Riset Bisnis. Jakarta:PT Indeks.

Sutrisno, Edy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:Prenada Media Group.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Cetakan Ke-4. Bandung:Alfabeta

Sunyoto, Danang. 2011. Analisis Regresi Dan Uji Hipotesis. Yogyakarta:CAPS

Suryana, 2006. Kewirausahaan-Pedoman Praktis:Kiat Dan Proses Menuju Sukses. Jakarta:Salemba Empat.

Tambunan, Tulus T.H. 2017. Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Bogor:Ghalia Indonesia.

------------------------------. 2002. Usaha Kecil dan Menengah Di Indonesia. Jakarta:Salemba Empat.

Tohar, M. 2000. Membuka Usaha Kecil. Yogyakarta:Kanisius.

Wibisono, C. Handoyo. 1997. Manajemen Modal Kerja. Yogyakarta:Universitas Atma Jaya.

Yuliawan, Eko dan Ginting, Mbayak. 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Kasus Pada STMIK Mikroskil Medan). Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil. Volume 2, Nomor 02, Oktober 2012.

Zimmerer, Thomas W & Scarborough, Norman M.2002. Pengantar Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil. Edisi 2. Jakarta:Prenhallindo.

--------------------------------------------------------------------. 2009. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil Edisi 5 Buku 2. Jakarta:Salemba Empat.

Sumber lainnya:

http://ciputrauceo.net/blog/2015/11/16/pengertian-pendapatan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.