Uji Eksperimental Antara Bahan Bakar Pertamax Dan Pertalite Terhadap Daya Dan Emisi Gas Buang Pada Motor Bakar 4 Langkah

Najamudin NAJAMUDIN

Abstract


Di Indonesia terdapat tiga jenis bahan bakar cair untuk motor bakar bensin yaitu premium (RON 88), pertalite (RON 90) dan pertamax (RON 92). Masing-masing bahan bakar tersebut memiliki bilangan oktan yang berbeda, yang menunjukkan bahwa kemampuan bahan bakar terhadap tekanan yang terjadi pada proses pembakaran di dalam silndr motor bakar. Semakin tinggi nilai RON bahan bakar maka akan semakin baik pula proses pembakaran yang terjadi. Pemilihan jenis bahan bakar pada motor bakar bensin akan mempengaruhi performa mesin itu sendiri dan akan membuat umur mesin menjadi panjang. Performa mesin yang dimaksudkan antara lain : daya mesin, torsi yang dihasilkan pada poros motor bakar. Penggunaan bahan bakar pertalite jika dibandingkan dengan bahan bakar pertamax akan memiliki perbedaan terhadap daya yang dihasilkan motor bakar serta torsi mesin. Pertamax lebih diunggulkan daripada pertalite karena baik torsi mesin maupun  daya yang dihasilkan dapat dilihat hasilnya yang menggunakan bahan bakar pertamax lebih baik dibandingkan dengan pertalite. Untuk emisi gas buang dengan menggunakan bahan bakar pertamax juga memiliki angka yang baik terhadap pencemaran udara jika dibandingkan dengan bahan bakar pertalite.

Keywords


Bahan Bakar ; Daya ; Emisi Gas Buang

Full Text:

PDF

References


Arismunandar, Wiranto. 2005. “Penggerak Mula Motor Bakar Torak”, ITB, Bandung.

Daryanto., Ismanto Setyabudi. 2015. “Teknik Motor Diesel”, Edisi Cetakan Kedua. Alfabeta, Bandung.

Hidayat, Wahyu, 2012, “Motor Bensin Modern”, Rineka Cipta : Jakarta.

Kristanto, Philip. 2015. “Motor Bakar Torak”, Andi, Yogyakarta.

Marsudi, 2010, “Teknisi Otodidak Sepeda Motor”, Andi, Yogyakarta.

Muku, I Dewa Made Krishna.,& I Gusti Ketut Sukadana, 2009, “Pengaruh Rasio Kompresi terhadap Unjuk Kerja Mesin Empat Langkah Menggunakan Arak Bali sebagai Bahan Bakar”, “Jurnal Ilmiah Teknik Mesin”, Vol 3 No 1. Bali, Universitas Udayana.

Najamudin. 2018. “Perancangan Alat Uji Pengapian Busi untuk Sepeda Motor”, Jurnal Penelitian Mandiri, Universitas Bandar Lampung, Bandar Lampung.

Najamudin. 2018. “Tinjauan Penggunaan Bahan Bakar Premium, Pertalite Dan Pertamax Pada Performa Motor bensin 4 Langkah”, Jurnal Penelitian Mandiri, Universitas Bandar Lampung, Bandar Lampung.

Najamudin. 2014, “Modification Effect of Volume Cylinder Four Stroke Engine to Effective Power”, 3 rd International Conference on Engineering and Technology Development, Bandar lampung University, Bandar Lampung Indonesia.

Pudjanarso A., dan Djati N. 2008, “Mesin Konversi Energi”, Edisi Cetakan Kedua, Andi, Yogyakarta.

Rosid, 2016, “Analisa Proses Pembakaran Pada Motor Bensin 113,5 cc Dengan Simulasi ANSYS”, Jurnal Teknologi. Vol 8 No 2. Jakarta, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Satibi, Loekman., Irfan Purnawan., dan Lisa Nazifah, 2013, “Mesin Penggerak Utama”, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Soedjono, 2008, “Reparasi Motor Bensin Dan Diesel” Titian Ilmu, Bandung.

Soenarta. N., dan Shoichi. F. 2002, “Motor Serba Guna”, Edisi Cetakan Ketiga. Pradnya Paramita, Jakarta.

Sugiarto, Bambang. 2004. “Sistem Injeksi Bahan Bakar Sepeda Motor Satu Silinder Empat Langkah”, Jurnal Makara Teknologi. Vol 8 No 3. Depok, Universitas Indonesia.

Sukidjo, FX. 2011, “Performa Mesin Sepeda Motor Empat Langkah Berbahan Bakar Premium dan Pertamax” Jurnal Forum Teknik. Vol 34 No 1., Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.