ANALISIS PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. BANK MANDIRI KCP RADEN INTAN DI BANDAR LAMPUNG

Toton TOTON

Abstract


Salah satu faktor penunjang pembangunan perekonomian di Indonesia adalah lembaga perbankan yang memiliki peran besar dalam menjalankan kebijaksanaan perekonomian dan merupakan salah satu komponen perekonomian nasional yang sangat penting. Untuk tercapainya tujuan pembangunan tersebut diperlukan aturan hukum sebagai penunjang kegiatan lembaga perbankan yakni hukum perbankan yang dapat memberikan suatu perangkat serta sistem hukum yang memberikan kepastian dalam pelaksanaannya. Berdasarkan identifikasi masalah di atas, maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut :

Apakah budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Mandiri KCP Raden Intan di Bandar Lampung?

Apakah kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Mandiri KCP Raden Intan di Bandar Lampung?

Apakah budaya organisasi dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Mandiri KCP Raden Intan di Bandar Lampung? Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui : Pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Mandiri KCP Raden Intan di Bandar Lampung. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Mandiri KCP Raden Intan di Bandar Lampung.Pengaruh budaya organisasi dan kualitas pelayanan secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Mandiri KCP Raden Intan di Bandar Lampung.Memberikan bahan masukan bagi PT. Bank Mandiri di Bandar Lampung dalam rangka menerapkan kebijakan tipologi budaya organisasi dan kualitas pelayanan untuk meningkatkan kinerja karyawan. Sebagai salah satu studi pengembangan untuk peneliti selanjutnya Berdasarkan pada hasil analisis data secara kualitatif dan kuantitatif terdapat beberapa hal yang kondisinya belum baik sehingga perlu direkomendasikan untuk perbaikan kebijakan khususnya kebijakan dalam peningkatan kinerja karyawan sebagai berikut : Pimpinan PT. Bank Mandiri KCP Raden Intan hendaknya menanamkan jiwa kepedulian terhadap lingkungan kepada setiap karyawannya, sehingga akan mampu tercipta budaya organisasi yang ramah terhadap lingkungan di sekitar perusahaan.

Pimpinan PT. Bank Mandiri KCP Raden Intan hendaknya memberikan pengawasan secara melekat (waskat) kepada seluruh karyawannya, ketika karyawan sedang memberikan pelayanan kepada nasabah, dengan demikian karyawan merasa diberikan stimulus untuk mempercepat dalam memberikan pelayanan kepada nasabah/pelanggan.Dalam meningkatkan kinerja karyawan, pimpinan hendaknya menanamkan sikap tanggung jawab secara penuh terhadap pekerjaan yang menjadi tugas dan kewajiban tiap karyawan, sehingga mampu meminimalkan sifat malas yang dimiliki oleh karyawan

Keywords


Budaya organisasi

Full Text:

PDF

References


Frans Farlen, 2011, Ilmu Administrasi Bisnis, UPN, Samarinda

Handoko, T. Hani, 1998, Manajemen Personal dan Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta.

Mangkunegara, Anwar Prabu, 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Manullang, 1996, Pengantar Ekonomi Perusahaan, Edisi Revisi, Cetakan ketujuh belas, Penerbit Liberty.

Martoyo, Susilo, 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia, BPFE Yogyakarta.

Munandar, Ashar Sunyoto, 2001, Psikologi Indutri dan Organisasi, Universitas Indonesia, Jakarta.

Nawawi, Hadari, 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang Kompetetif, Gajah Mada University Press, Yogyakarta

Prawirosentono, Suyadi, 2008, Kebijakan Kinerja Karyawan, Edisi Ketiga, Yogyakarta : BPFE

Rangkuti, Freddy, 2002, The Power of Brand, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta: Anggota IKPI, Jakarta.

Rivai, 2003, Manajemen Sumber Daya Perusahaan, Raja Grafindo Persada.

Robbins, Stephen P., 1998, Perilaku Organisasi, Edisi Bahasa Indonesia Cetakan Ke 2, Prenhallindo, Jakarta.

Santoso, Singgih, 2003. Latihan SPSS Statistik Multivariat, PT. Komputindo Jakarta.

Simamora, Henry, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, STIE YKPN, Yogyakarta.

Soeroto, 1992, Strategi Pembangunan dan Perencanaan Kesempatan Kerja, Edisi 2, UGM Press, Yogyakarta.

Sugiyono, 1999, Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Pertama, CV. Alfabeta, Bandung.

Suhadi, 2006, Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai, Jurnal Administrasi Bisnis Volume 2, Nomor 2.

Umar, Husain, 2003, Metode Riset Bisnis, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.