ANALISIS KEBIJAKAN PELAYANAN ADMINISTRASI PEMBUATAN SERTIFIKAT TANAH (PRONA) DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Agustuti Handayani

Abstract


Kebijakan pelayanan Administarsi  pembuatan sertifikat tanah merupakan program pemerintah pusat dalam rangka memberi kepastian hukum bagi pemilik tanah adapaun permasalahan  bagaimana kebijakan pelayanan  administrasi pembuatan sertifikat tanah (prona) di kota Bandar lampung  dan faktor  apa yang menajdi kendala  dalam pelayanan administarsi pembuatan sertifikat tanah (Prona) di Kota Bandar Lampung.

Metode penelitian  yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan pendekatan deskriftif kualitatif yaitu dengan menggambarkan kebijakan pelayanan administrasi pembuatan sertifikat tanah (prona) di Kota Bandar Lampung, teknik  pengumpulan data  dengan  menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi di Badan Pertanahan Kota Bandar Lampung

Hasil penelitian ini  Pelaksanaan Program Prona di Kantor Pertanahan Kota Bandar Lampung dilaksanakan melalui proses persiapan yang terdiri dari kegiatan koordinasi dan penyuluhan, proses pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan pengumpulan data yuridis, pengumpulan data fisik, pemeriksaan tanah, keputusan pemberian hak atas tanah, proses sertifikat dan penyerahan sertifikat serta laporan. Permasalahan yang dihadapi oleh Kantor Pertanahan Kota Bandar Kurangnya koordinasi dengan Kantor Pelayanan Perbendaharaan di Sragen mengakibatkan perbedaan persepsi dalam mekanisme pencairan dana, Mekanisme pekerjaan bendaharawan belum lancar, masih dalam tahap pembelajaran., Para camat dan Para Kepala Desa kurang mendukung karena beranggapan akan mengurangi rezeki mereka dan keterbatasan sarana  dan prasarana

Keywords


Pelayanan Administrasi, Pembuatan sertifikat

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. 2000 Beberapa Aspek tentang Hukum Agraria, Penerbit Alumni Bandung

Anwar, Qomari. dan Syaiful, Sagala. 2006. Profesi Jabatan Kependidikan dan Guru Sebagai Upaya Menjamin Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Uhamka Press.

Batinggi, Ahmad. 1998. Manajemen Pelayanan Umum. Jakarta : Universitas Terbuka

Burhan Bungin, 2005 Metodologi Penelitian Kualitatif. Prenada Media Group. Jakarta.

Hanif, Nurcholis. 2007. Teori dan Praktik Pemerintahan dan Otonomi Daerah. Jakarta : Grasindo.

Hasibuan. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Cetakan 9. PT. Bumi Aksara

Husein Umar,2005 Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis”, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Prenhallindo.

Kotler, Philip.1997. Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control, 9th Ed, Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall, Inc.

Kubicek, Herbert & Hagen, Martin. 2001. One-Stop Government in Europe: An Overviezv. www.egov.vic.gov.au/onestop.pdf. Diunduh 10 Mei 2015.

Lilik Nur Hayati 2012 Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta : Andi.

Moenir, A.S. 2000 Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, PT. Bumi Aksara

Mustopadidjaja 2003 Manajemen Proses Kebijakan Publik, Formulasi, Implementasi dan Evaluasi. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara,

Nazir, Moh. 2011. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Noor, Juliansyah. 2011. Metode Penelitian. Jakarta : Kencana.

Pasolong, Harbani. 2007. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta

Prasojo,2006 Teknologi Informasi Pendidikan Yogyakarta : Gava Media

Ratminto & Atik Septi Winarsih,2013 Pengantar Sistem Informasi Manajemen Bandung: CV. Remadja Karya

Ratminto, Atik Septi Winarsih. 2005. Manajemen Pelayanan. Jakarta: Pustaka Pelajar

Sagala. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : CV. Alfabeta

Samp¬ara, Lukman. 2000. Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta : STIA LAN Press

Sinambela 2006 Reformasi Pelayanan Publik;Teori,Kebijakan dan Implementasi, cetakan kelima Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiy¬ono. 2012. Metode Penelitian Administrasi dengan Metode R&D. Bandung: CV. Alfabeta

Suharismi Arikunto,2001 Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis”, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sutedi, Adrian. 2010. Hukum Perizinan Dalam Sektor Pelayanan Publik. Jakarta : Sinar Grafika

Tjokrowinoto. 1996. Pembangunan, Dilema, dan Tantangan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Trochidis, Ilias. 2008. One-Stop Government: A Literature Review. www.onestop govproject. org, http://www.fub.it/files/onestop gov literature review.pdf, diunduh 10 Mei 2015

Peraturan Perundang-Undangan

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 Tentang Pokok Pokok Agraria

Undang -Undang Nomor 25 Tahun 2009 tetang Pelayanan Publik


Refbacks

  • There are currently no refbacks.