Tinjauan Penggunaan Bahan Bakar Premium, Pertalite Dan Pertamax Pada Performa Motor Bakar Bensin 4 Langkah

Najamudin NAJAMUDIN

Abstract


Untuk mendapatkan performa mesin yang optimal (daya dan torsi,), dilakukan perubahan-perubahan pada  pengaturan standar mesin. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian dengan judul “Tinjauan Penggunaan Bahan Bakar Premium, Pertalite  Dan Pertamax Pada Performa Motor Bakar Bensin 4 Langkah” , dimana tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan daya dan torsi yang dihasilkan menggunakan bahan bakar  premium (88), pertalite (90) dan pertamax (92) pada motor bakar 4 langkah. Dari hasil penelitian ini didapatkan peforma motor bakar empat langkah yaitu Nilai oktan bahan bakar sangat mempengaruhi daya dan torsi, bahan bakar yang mempunyai nilai oktan tinggi proses pembakaran lebih sempurna sehingga energi yang di hasilkan dalam pembakaran dapat di manfaatkan secara maksimal. Pada bahan bakar premium (88) daya yang di hasilkan kecil pada putaran rendah, kemudian dinaikkan putarannya maka daya ikut naik, untuk putaran maksimum 3250 Rpm, ternyata daya akan turun kembali.

Pada  bahan bakar pertalite (90) daya yang di hasilkan kecil pada putaran rendah, kemudian di naikan putarannya menjadi 3250 Rpm daya yang dihasilkan besar. Untuk bahan bakar pertamax (92) daya yang dihasilkan lebih besar di putaran rendah, pada saat putaran di naikkan dengan putaran maksimum 3250 Rpm, daya yang dihasilkan  lebih stabil di bandingkan yang menggunakan bahan bakar premium dan pertalite.

Keywords


Bahan Bakar ; Putaran Mesin ; Performa Motor Bakar

Full Text:

PDF

References


Arends, BPM. 1981. “Motor Bensin”. Erlangga. Jakarta.

Arismunandar, W. 1983. “Motor Bakar Torak”. ITB. Bandung.

Baskoro, Andang. 1989. “Analisa Pengaruh kebutuhan Angka Oktan Terhadap Unjuk Kerja Kendaraan Bermotor Bensin”. Universitas Indonesia.

Coyler C., C. 1976. “Automotive Fuel Economy”. S.A.E. U.S.A.

Daryanto. 2004, “Teknik Sepeda Motor”. : Yrama Widya, Bandung

Feguson, Colin. 1986. “Internal Combustion Engine”. Graw Hill Inc. Singapore

Harjono, A. 2001. “Teknologi Minyak Bumi”. Universitas Gajah Mada Press. Yogyakarta.

Heywood, Jhon B. 1988. “Internal Combustion Engine”. Mc Graw-hill. Massachusetts.

Holman, J. P. 1985. “Metode Pengukuran Teknik”. Erlangga. Jakarta.

Kirana, R N. 2005. “Analisa Penggunaan Zat Aditif-PEA Dalam Bahan Bakar Premium Terhadap Prestasi dan Emisi Gas Buang Motor Bensin 4-Langkah”. Jurusan Teknik Mesin Unila , Bandar Lampung.

Najamudin. 2016. “Analisa Prestasi Mesin Untuk Motor Bakar 4 Langkah Menggunakan Bahan Bakar Premium Tt Dan Pertamax Plus”. Jurnal Penelitian Universitas Bandar Lampung. Bandar Lampung.

Soenarta, N. 1985. “Motor Sebaguna”. Pradnya Paramita. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.